Marcello Lippi Lepas Jabatan Pelatih Timnas China

Oleh Rizki Hidayat pada 25 Jan 2019, 14:07 WIB
Pelatih timnas China, Marcello Lippi.

Bola.com, Abu Dhabi - Marcello Lippi memutuskan untuk melepas jabatannya sebagai pelatih timnas China. Lippi memilih mundur menyusul kegagalan Team Dragon lolos ke semifinal Piala Asia 2019.

Menghadapi Iran pada laga perempat final Piala Asia 2019 di Mohammed bin Zayed Stadium, Abu Dhabi, Kamis (24/1/2019), China dibuat tak berkutik. Mereka takluk tiga gol tanpa balas dari Iran.

Ketiga gol Team Melli disarangkan Mehdi Taremi pada menit ke-18, Sardar Azmoun menit ke-31, dan Karim Ansarifard menit ke-90+1. Hasil ini sekaligus membuat timnas China kembali mengulangi kegagalan di Piala Asia 2015, yakni gagal lolos ke semifinal.

"Pertandingan ini mengakhiri kontrak saya bersama timnas China. Bagi saya, merupakan sebuah kehormatan bisa melatih sebuah negara yang sangat penting seperti China," kata Lippi.

"Saya mencoba yang terbaik selama periode itu dan tim telah meningkat dan menjadi lebih baik. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas dukungan Anda," lanjutnya.

Marcello Lippi mulai menangani timnas China pada 22 Oktober 2016. Keberhasilan membawa Guangzhou Evergrande meraih enam trofi juara, menjadi satu di antara beberapa alasan yang membuat Lippi dianggap mampu mendongkrak prestasi Team Dragon.

Akan tetapi, pencapaian pelatih yang sukses membawa timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006 itu bersama China tak terlalu mengilap. Dia gagal mempersembahkan satu pun trofi untuk timnas China.

Marcello Lippi hanya mampu membawa Team Dragon meraih 10 kemenangan, sembilan hasil imbang, dan menelan 11 kekalahan dari 30 pertandingan di seluruh ajang. Torehan kemenangan Lippi bersama timnas China mencapai angka 33,33 persen.

Sumber: FourFourTwo

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini: