5 Pesepak Bola Top Dunia dengan Nama Julukan Unik

Oleh Ario Yosia pada 30 Jan 2019, 10:30 WIB
FOTO: 7 Maestro Sepak Bola yang Pensiun di Tahun 2017

Bola.com, Jakarta - Pesepak bola dunia kerap mendapat nama julukan dari para suporter. Nama julukan diberikan sebagai apresiasi atas penampilan mereka di lapangan hijau.

Julukan yang disematkan mereka memang tidak pernah lepas dari penampilan atau kehebatan sang pemain di atas lapangan.

Akan tetapi sejatinya ada juga beberapa julukan yang disematkan kepada pemain karena loyalitasnya ke klub yang ia bela, dan ada juga karena nama sang pesepak bola sulit disebutkan.

Berikut ini lima pemain bintang dengan julukan unik:

 Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 of 6

Gabriel Batistuta

Striker Serie A
Gabriel Batistuta (Fiorentina), striker dengan ciri khas tendangan keras ini merupakan salah satu predator di lini belakang musuh. Pemain berjuluk Batigol itu mewarnai kerasnya pertarungan Serie A era 1990-an. (AFP/Adrian Dennis)

Julukan Batigol didapat Gabriel Batistuta ketika dirinya masih membela klub elite Serie A, Fiorentina. Kata gol di belakang nama panggilannya memang bukan tanpa alasan yang jelas. Sebab, Batistuta memang dikenal sebagai penyerang yang amat tajam.

Bahkan nyaris tidak ada satupun pertandingan yang dilewatkan Batistuta ketika membela Fiorentina tanpa ia mencatatkan namanya di papan skor. Itu mengapa akhirnya para penggemar menjuluki Batistuta dengan sebutan Batigol. Julukan itu pun tak hilang sekalipun pemain asal Argentina itu pindah ke AS Roma.

3 of 6

Francesco Totti

20170528-Totti Ucapkan Perpisahan dengan AS Roma-AP
Kapten AS Roma, Francesco Totti dilempar ke udara usai pertandingan Liga Italia Serie A melawan Genoa di Stadion Olimpico, Minggu (28/5). Totti yang telah berusia 40 menyatakan gantung sepatu setelah musim ini berakhir (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Pemilihan julukan buat Francesco Totti dengan sebutan Il Capitano oleh para Romanisti (fans AS Roma) sangatlah masuk akal.

Terlebih jika melihat loyalitas yang ditunjukkan Totti kepada klub berjuluk Il Lupi tersebut.

Ya, Totti memang seakan-akan telah menjadi ikon untuk Roma. Bagaimana tidak hampir tiga dekade Totti membela Roma atau tepatnya sejak 1992 hingga pensiun pada akhir musim 2016-2017 lalu.

4 of 6

Radamel Falcao

AS Monaco, Nice, Ligue 1
Penyerang AS Monaco, Radamel Falcao merayakan golnya ke gawang Nice pada lanjutan Ligue 1 di Louis II Stadium, Monaco, (16/1/2018). AS Monaco bermain imbang 2-2 dengan Nice. (AFP/Valery Hache)

Sejak memulai karier profesional, Radamel Falcao memang sudah dikenal sebagai sosok penyerang dengan naluri pencetak gol yang amat tajam. Para penggemar bomber asal Kolombia itu memberikan julukan El Tigre alias si Harimau kepadanya.

Ya, insting menyerang serta rasa lapar untuk terus mencetak gol menjadikan penyerang AS Monaco tersebut layaknya seekor Harimau yang buas.

5 of 6

Cesar Azpilicueta

Cesar Azpilicueta mendapatkan julukan Dave dari penggemarnya dengan alasan yang sangat unik. Ya, para penggemar Chelsea kesulitan melafalkan nama Azpilicueta, sehingga mereka pun memilih memangil sang idola dengan sebutan Dave.

Hingga saat itu hingga kini, para pendukung The Blues serta penggemar Azpilicueta terus memanggil bek sayap asal Spanyol dengan nama Dave. Sang bintang nyaman-nyaman saja dipanggil dengan nama unik itu.

6 of 6

Ronaldo Faria

Ronaldo Luiz
Ronaldo saat membela Timnas Brasil di Piala Dunia 2002. (Bola.com/Dok. FIFA)

Ronaldo salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola. Kemampuan teknik individu, cara menggiring bola, hingga kejatamannya di depan gawang tak terbantahkan lagi.

Para pendukung Ronaldo pun akhirnya memberikan julukan kepada sang idola dengan sebutal El Fenomeno alias sang fenomena. Pasalnya, sangat sedikit yang percaya bakal ada pemain yang bisa menyamai kehebatan predator ganas asal Brasil di masa mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓