Lonceng Bahaya Sedang Mengarah ke Juventus

Oleh Thomas pada 08 Feb 2019, 18:30 WIB
6 Tim Terbaik yang Harus Dimainkan di Game FIFA 2019

Jakarta - Juventus masih perkasa di pentas Liga Italia Serie A. Namun, rangkaian dominasi Juventus sudah mulai mendapat ancaman. Pada pekan ini, lonceng bahaya itu layak ditujukan ke kubu sang juara bertahan.

Saat ini, Juventus masih belum tersentuh kekalahan di Liga Italia Serie A 2018-2019 dari 22 pertandingan yang sudah dilakoni. Pasukan Massimiliano Allegri sudah mengoleksi 60 poin dari 22 laga.

Juventus unggul sembilan poin dari peringkat dua Napoli. Baru tiga tim yang bisa mengimbangi Juventus sejauh ini yakni Genoa, Atalanta dan Parma. Mereka menjadi satu-satunya tim di lima liga top Eropa yang belum pernah kalah pada musim ini.

Namun laju positif Juventus ini perlahan mulai terancam. Cristiano Ronaldo dkk mulai tertatih-tatih sejak awal 2019. Buktinya di tiga laga terakhir, Juventus cuma bisa menang satu kali saja. 

Juventus tersingkir dari Coppa Italia setelah secara memalukan kalah 0-3 dari Atalanta di babak perempat final. Kemudian pada laga terakhir Serie A, La Vecchia Signora ditahan imbang Parma 3-3 meski sempat unggul 3-1 terlebih dahulu.

Sebelum kalah dari Atalanta, Juventus susah payah menang atas Lazio 2-1 d Serie A. Saat itu, Juventus nyaris kalah. Lazio unggul 1-0 lebih dulu dan punya banyak peluang emas. Kala itu Juventus tak bisa mencatatkan tembakan ke arah gawang di babak pertama.

Tiga pertandingan terakhir menjadi alarm bahaya bagi Juventus. Allegri harus menemukan racikan yang tepat untuk mengembalikan kehebatan I Bianconeri.

 

2 of 3

Trio BBC

Terpuruknya Juventus tak lepas dari cederanya trio BBC Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini. Ketiga bek tangguh andalan Juventus itu sedang mengalami cedera.

Trio BBC tidak turun saat Juventus ditahan imbang Parma. Saat itu Daniele Rugani dan Martin Caceres yang diturunkan mengawal pertahanan. Untuk pertama kalinya sejak Maret 2012, Juventus tidak dapat mengandalkan salah satu dari trio BBC.

"Sepak bola cantik tak ada gunanya, pada akhirnya tendang saja ke arah penonton," kata Allegri seperti dikutip Football Italia seusai ditahan Parma.

"Kami terlalu lembek saat bertahan dan melakukan beberapa kesalahan. Ada gerakan tak perlu gara- gara kurang konsentrasi. Kami harus lebih fokus, kami tak boleh terus anggap enteng."

3 of 3

Tetap Tenang

Juventus vs Lazio
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo berebut bola dengan kiper Lazio, Thomas Strakosha pada pekan ke-21 Serie A di Stadion Olimpico, Minggu (27/1). Sempat tertinggal, Ronaldo membawa Juventus menang 2-1 atas Lazio. (AP/Gregorio Borgia)

Ujian selanjutnya bagi Juventus adalah Sassuolo pada laga Serie A Minggu (10/2/2019). Trio BBC masih belum bisa diturunkan Juventus pada laga tersebut. Meski sedang dalam tren menurun, Ronaldo meminta fans tak cemas. Dia yakin Juventus akan kembali tampil perkasa.

"Saya rasa ini tak ada hubungannya dengan level kebugaran maupun latihan ekstra. Ini hanya sepak bola. Semua orang melihat Juventus karena kami adalah tim terbaik. "Kami tak cemas, karena kami percaya pada tim, teknik kami, juga pelatih dan stafnya. Tak perlu cemas," kata Cristiano Ronaldo.

Lanjutkan Membaca ↓