Kiper Real Madrid Sambut Hangat Penggunaan VAR di Liga Champions

Oleh Liputan6.com pada 13 Feb 2019, 16:30 WIB
Diperbarui 13 Feb 2019, 16:30 WIB
Thibaut Courtois
Thibaut Courtois mendapatkan teror tak mengenakkan di derby Atletico Madrid vs Real Madrid (GABRIEL BOUYS / AFP)

Madrid - Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, menyukai penggunaan teknologi VAR di kompetisi Liga Champions 2018-2019. Dia menilai VAR sangat penting dalam sepak bola modern, karena membuat pertandingan berjalan lebih adil.

Courtois pernah merasakan penggunaan VAR di Piala Dunia 2018.Liga Champions dan Liga Europa kini juga sudah mulai menggunakan VAR di fase gugur. Artinya, ketika Real Madrid melawat ke markas Ajax Amsterdam dalam leg pertama 16 besar Liga Champions, Kamis (13/2) dini hari WIB nanti, pertandingan akan dibantu VAR. 

Courtois mengaku optimistis dengan penerapan VAR di LIga Champions. Meski VAR masih beberapa kali disalahpahami, dia percaya seiring waktu berjalan VAR akan jadi elemen penting pertandingan.

Satu hal yang paling dia sukai adalah VAR bisa membuat pertandingan berjalan lebih adil.

Menurut Courtois, pengalaman penggunaan VAR di Piala Dunia 2018-2019 lalu telah menjawab semua keraguan. VAR bisa bekerja dengan baik, sepak bola berjalan lebih adil. Semua tim yang terlibat juga menyuukai VAR.

"Saya menyukai VAR. Pengalaman di Piala Dunia sangatl bagus dan semua negara sudah mengatakan hal yang sama. Di Piala Dunia, semuanya berjalan dengan sangat baik," tegas Courtois di laman resmi Real Madrid.

"Terkadang terdapat kurangnya pengetahuan soal peraturannya, VAR boleh mengintervensi ketika ada kesalahan yang jelas, tapi orang-orang tidak selalu menyadari itu. VAR harus digunakan untuk membantu permainan," ujar kiper Real Madrid asal Belgia itu. 

2 dari 2 halaman

Hal Bagus

Thibaut Courtois
Thibaut Courtois (GABRIEL BOUYS / AFP)

Lebih lanjut, Courtois tahu terkadang VAR bisa merugikan tim mereka. Namun, baginya yang terpenting adalah menciptakan sepak bola yang adil. VAR telah menyeimbangkan sepak bola.

"Terkadang itu merugikan anda ketika offside yang diberikan padahal itu bukan offside, dan terkadang anda yang diuntungkan, lalu pada kesempatan lain sebaliknya akan terjadi," ujar Courtois. 

"VAR adalah hal bagus ketika membahas soal membuat pertandingan jadi lebih adil," tutup Courtois.

Sumber Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓