Syarat Manchester United dan Real Madrid Lolos ke Fase Perempat Final Liga Champions

Oleh Nurfahmi Budi pada 14 Feb 2019, 10:14 WIB
Manchester United

Bola.com, Jakarta - Dua tim raksasa Eropa, Manchester United dan Real Madrid, meraih hasil berbeda pada Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions 2018-2019. Manchester United merana, sedangkan Real Madrid berjaya.

Pada laga di Stadion Old Trafford, dua hari lalu, Manchester United harus mengakui keunggulan Paris Saint-Germain (PSG). Manchester United kalah dengan skor 0-2.

Dua gol tim tamu berasal dari sepakan voli Kimpembe pada menit ke-53 dan tendangan terukur Kylian Mbappe (60'). Armada Carrington gagal merobek jala PSG, yang membuat sepak terjang mereka di kancah Liga Champions terancam selesai.

Peluang gagal bagi Manchester United tergolong besar. Mereka harus mencetak minimal tiga gol agar bisa lolos langsung ke fase perempat final. Artinya, tugas mahaberat bagi Marcus Rashford dkk, karena mereka bakal berstatus tim tamu.

PSG akan menjamu Manchester United di Stadion Parc des Princes, Paris, Rabu (6/3/2019) atau Kamis(7/3/2019). Bukan pekerjaan mudah, karena Manchester United masih menunggu kabar beberapa pemain yang mengalami kondisi tak bugar.

Beruntung bagi Manchester United, karena mereka masih memiliki rentang waktu sebulan untuk menyiapkan amunisi dan strategi. Apalagi, pada leg 2 nanti, bisa saja PSG akan menurunkan tridente maut; Neymar, Edinson Cavani dan Kylian Mbappe.

Walhasil, Manchester United akan membutuhkan mental kuat dan kepercayaan diri tinggi agar bisa menaklukkan PSG di Paris. Jika ingin lolos, mereka punya dua skenario.

Manchester United harus menang 3-0 atau skor berapapun dengan selisih tiga gol. Selain itu, kans Manchester United terbuka jika mereka sanggup memaksakan pertandingan berakhir melalui adu penalti. Artinya, Setan Merah harus mengakhiri lag di Paris dengan kemenangan 2-0.

Jika skor itu menjadi kenyataan, Manchester United bisa memaksa PSG memainkan perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Setelah itu, perjuangan mereka bakal bergantung dari hasil adu tembak 12 pas.

2 of 2

Nasib Real Madrid

Teknologi VAR Buat Real Madrid Raih Poin Penuh di Kandang Ajax
Dani Carvajal mencoba melepaskan umpan pada leg 1, 16 besar Liga Champions yang berlangsung di stadion Amsterdam Arena, Amsterdam, Kamis (14/2). Real Madrid menang 2-1 atas Ajax. (AFP/Emmanuel Dunand)

Gerak lebih leluasa menjadi milik Real Madrid. Syarat mereka lolos ke fase 8 Besar lebih mudah setelah menang 2-1 atas Ajax Amsterdam, di Johan Cruijff ArenA, dini hari tadi WIB.

Dua gol dari Karim Benzema (60') dan Marco Asensio (87') menjadi modal berharga. Meski tetap harus waspada, kekalahan 0-1 di Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019) dini hari WIB, tetap bisa meloloskan mereka ke perempat final.

Oleh karena itu, publik bakal menunggu apa yang bisa diperbuat Manchester United dan Real Madrid setelah 'merasakan' hasil leg 1.

Sumber: UEFA

Lanjutkan Membaca ↓