Son Heung-min Sanjung Penampilan Impresif Vertonghen

Oleh Aning Jati pada 14 Feb 2019, 14:45 WIB
Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Bola.com, Jakarta - Son Heung-min jadi peruntuh tembok Borrusia Dortmund saat leg pertama 16 besar Liga Champions 2018-2019, Kamis dini hari (14/2/2019). Gol pemain asal Korea Selatan itu mengawali pesta tiga gol Tottenham Hotspur ke gawang Dortmund di Wembley Stadium.

Setelah gol Son, dua gol lain tercipta dalam selang tiga menit, yakni lewat Jan Vertonghen menit ke-83 dan Llorente, tiga menit kemudian.

Seusai pertandingan, Son memuji Vertonghen. Son menilai rekan satu timnya itu memiliki kemampuan bermain di posisi mana pun.

Pada laga kontra Dortmund ini, Vertonghen yang biasanya bermain sebagai bek tengah, diplot manajer Tottenham Hotspur, Maurico Pochettino, sebagai bek sayap kiri menyusul absennya Danny Rose akibat cedera.

Vertonghen menjawab tantangan itu dengan satu gol dan satu assist.

"Jan Vertonghen itu secara teknik sungguh tak bisa dipercaya, dan dia bisa main di posisi apa pun," kata Son seusai pertandingan kepada BT Sport.

"Saya ikut senang buatnya, dia pantas untuk itu. Satu gol dan satu asisst," lanjut Son.

Vertonghen menggandakan keunggulan Spurs menjadi 2-0 pada menit ke-83 dengan memanfaatkan umpan silang Serge Aurier. Namun, bukan itu yang jadi sorotan, melainkan asisst-nya pada gol pertama di laga ini.

Pemain Belgia itu melihat posisi apik Son, dan mengirimi umpan cantik sebelum akhirnya dituntaskan Son lewat tendangan voli. Gol pertama itu bahkan dianggap gelandang Dortmund, Mario Goetze, sebagai awal petaka yang meruntuhkan timnya di Wembley.

"Timing gol pertama itu sangat penting. Umpan silangnya sungguh tak nyata, saya bahkan tak perlu melakukan apa pun, saya hanya menyentuh bola saja," imbuh Son.

Tottenham Hotspur akan menjalani laga leg kedua dengan tandang ke markas Dortmund pada Rabu (6/3/2019).

Sumber: Reuters