Sukses


3 Pemain Wales yang Berkiprah Kompetisi Serie A

Jakarta - Kompetisi Serie A merupakan salah satu kompetisi paling elite di dunia. Panggung sepak bola paling megah Italia itu jadi tujuan idaman.

Puncak popularitas Serie A hadir pada 1990-an. Dalam periode tersebut, pemain-pemain terbaik dunia datang untuk menguji diri.

Mereka tergiur dengan kesempatan membela klub legendaris seperti Juventus, AC Milan, dan Inter Milan. Ada pula AS Roma, Lazio, dan Fiorentina. Tidak ketinggalan Sampdoria dan AC Parma.

Namun, tidak semua pemain mau ke sana. Pemain dari Inggris Raya contohnya. Mereka lebih nyaman tampil di ajang domestik, dengan capaian tertinggi hadir ketika membela klub Inggris.

Salah satu negara Inggris Raya adalah Wales. Terhitung hanya ada tiga nama yang menjajal Serie A. Berikut daftarnya:

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 4 halaman

John Charles

Disebut sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa Inggris Raya dan memiliki karier selama 25 tahun. Setelah bersinar di Leeds United, Charles menguji diri di Juventus pada 1957-1962.

Pada periode itu dia membantu La Vecchia Signora memenangkan tiga gelar Serie A (1958, 1960, 1961) dan Coppa Italia (1959, 1960). Kontribusinya mendapat penghargaan dari tifosi, yang memilihnya sebagai pemain impor terbaik sepanjang masa klub ketika Juventus merayakan ulang tahun ke-100 pada 1997.

Pulang ke Leeds pada 1962, Charles kembali ke Italia untuk memperkuat AS Roma. Namun, dia hanya mencetak empat gol dari 10 penampilan dan cuma bertahan semusim.

3 dari 4 halaman

Ian Rush

Menyusul kesuksesan Charles, Juventus kembali tergoda dengan pemain Wales dalam diri Rush. Minat tersebut wajar mengingat ketajaman si Hidung Betet di Liverpool.

Namun, Rush gagal beradaptasi dan tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik. Dia cuma mencetak 14 gol dari 39 laga pada 1987/1988. Jumlah itu tidak sebanding dengan torehan 40 gol hasil 57 partai pada musim sebelumnya bersama The Reds.

Rush akhirnya kembali ke Liverpool dan mengukuhkan diri sebagai legenda klub Merseyside tersebut.

4 dari 4 halaman

Aaron Ramsey

Kembali Juventus yang tergoda dengan bakat pemain Wales. Mereka mengikat Ramsey selama empat tahun mulai musim panas mendatang.

La Vecchia Signora tidak perlu mengeluarkan dana transfer karena kontrak Ramsey dengan Arsenal habis pada pertengahan 2019. Karena itu, mereka bisa menawarkan gaji berlimpah bagi pemain berusia 28 tahun tersebut.

Lulusan akademi Cardiff City, Ramsey membangun reputasi di Arsenal. Kariernya sempat terancam karena cedera patah kaki. Namun, dia bangkit dan menjadi bagian penting dalam tim.

Sejauh ini Ramsey tampil di 358 laga dan membuat 61 gol bagi The Gunners.

Video Populer

Foto Populer