Jelang Lyon Vs Barcelona: Memori Buruk Tuan Rumah

Oleh Nurfahmi Budi pada 19 Feb 2019, 01:00 WIB
img_lyon_barcelona-100.jpg

Bola.com, Jakarta - Bayangan negatif mengiringi Lyon kala menjamu Barcelona, pada Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions 2018-2019, di Parc Olympique Lyonnais, Selasa (19/2/2019) atau Rabu (20/2/2019) dini hari WIB. Beban Lyon tercipta setelah belum pernah menang dari Barcelona pada enam pertemuan terakhir.

Lyon butuh kemenangan pertama atas sang raksasa Spanyol jika ingin membuka jalan ke babak berikutnya. Sayangnya, tuan rumah punya catatan tak mengenakkan, yakni hanya mampu meraih dua hasil imbang dan dipaksa menelan empat kekalahan.

Pertemuan terakhir Lyon dan Barcelona juga tersaji di babak 16 besar, yakni pada musim 2008-2009. Barcelona memenangi partai tersebut dengan agregat 6-3. Setelah imbang 1-1 di Prancis, Barcelona lolos berkat kemenangan 5-2 di Camp Nou, di mana Lionel Messi menyumbang satu gol, pada leg kedua.

Lionel Messi sudah mencetak tiga gol dalam empat penampilan melawan Lyon. Messi juga merupakan top scorer sementara Barcelona di semua kompetisi musim ini dengan torehan 30 gol. Dialah ancaman terbesar buat Lyon.

Messi dan Barcelona telah memanaskan mesin untuk lawatan ke Prancis ini dengan kemenangan susah payah. Mereka menuai tiga angka atas Real Valladolid di pentas La Liga akhir pekan kemarin dengan kemenangan tipis, 1-0 lewat gol penalti Messi.

Messi (30 gol), Luis Suarez (16 gol) dan Ousmane Dembele (13 gol) telah menyumbang 59 gol untuk Barcelona musim ini. Barisan pertahanan Lyon harus tampil solid dan bisa mematikan mereka jika tak mau mengalami nasib seperti Tottenham maupun PSV Eindhoven, dikalahkan Barcelona di kandang sendiri.

Lyon butuh semua pemain terbaiknya untuk laga berat melawan Barcelona. Namun sayang Lyon harus kehilangan Nabil Fekir, kapten sekaligus satu di antara pemain tertajam mereka.

 

2 of 2

Kekuatan Lyon

Fekir, yang sudah mencetak 11 gol untuk Lyon musim ini, absen di leg pertama kontra Barcelona akibat skorsing. Tanpa Fekir, Lyon berharap banyak pada Moussa Dembele di lini depan mereka.

Dembele, yang juga sudah mengemas 11 gol di semua kompetisi musim ini, sedang berada dalam form yang cukup bagus. Ia mencetak lima gol dalam delapan penampilan terakhirnya. Memphis Depay, yang sudah menyumbang enam gol dan 12 assist untuk Lyon musim ini, juga bisa menjadi ancaman buat Barcelona.

Barisan belakang Barcelona harus fokus untuk coba meredam semua potensi ancaman dari tuan rumah. Gerard Pique bakal mengemban tanggung jawab besar di jantung pertahanan. Marc-Andre ter Stegen juga diharapkan jadi perisai tangguh di bawah mistar.

Samuel Umtiti, yang merupakan mantan bek sentral Lyon, telah pulih dari cedera lutut dan masuk skuat. Namun Umtiti belum pasti turun dari menit awal.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓