Nilai Jual 7 Klub Sepakbola di Dunia Ini Setara dengan Startup Level Decacorn

Oleh Gilar Ramdhani pada 28 Feb 2019, 10:58 WIB
Manchester United Rasakan Kekalahan Pertama

Bola.com, Jakarta - Decacorn adalah status yang diberikan pada sebuah startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari 10 miliar dolar AS atau setara Rp 140 triliun. Kira-kira adakah satu klub sepakbola di dunia yang memiliki nilai valuasi sebesar itu? Jawabannya, tidak ada. Akan tetapi kalau acuannya adalah gabungan nilai jual dari beberapa klub sepakbola, kita bisa menemukannya.

Konsultan valuasi ternama, Brand Finance pada tahun 2018 lalu merilis daftar 50 klub dengan harga jual tertinggi di dunia. Dari daftar tersebut, ternyata dibutuhkan 7 klub besar di eropa untuk bisa memiliki nilai jual setara dengan startup level decacorn.

Klub - klub sepakbola di eropa tersebut antara lain Manchester United yang punya predikat klub harga jual paling tinggi dengan nilai US$ 1,89 miliar (Rp28,8 triliun). Real Madrid dengan harga jual mencapai US$ 1,573 miliar (Rp22,07 triliun) dan Barcelona dengan US$ 1,511 miliar (Rp21,18 triliun). Menyusul kemudian Bayern Munchen dengan US$ 1,4 miliar (Rp19,6 triliun) dan 3 klub liga Inggris lainnya yakni Manchester City US$ 1,3 miliar (RP18,2 triliun), Liverpool FC US$ 1,2 miliar (Rp16,8 triliun), dan Chelsea US$ 1,19 miliar (Rp16,69 triliun).

Dari daftar tersebut, kita jadi tahu begitu hebatnya sebuah perusahaan startup yang berhasil masuk ke level Decacorn karena ternyata nilai jualnya setara dengan 7 klub sepakbola besar di eropa.

Startup yang masuk level Decacorn ini tersebar di dunia. Dan sejauh ini, telah ada 15 perusahaan dunia yang 'naik kelas' dari tingkatan unicorn ke level decacorn. Bytedance (US$75 miliar), Uber (US$72 miliar), Didi Chuxing (US$56 miliar), WeWork (US$47 miliar)Airbnb (US$29,3 miliar), SpaceX (US$21,5 miliar), Stripe (US$20 miliar), JUUL Labs (US$15 miliar), Epic Games (US$15 miliar), Pinterest US$12,3 miliar), Bitmain Technologies (US$12 miliar), Samumed (US$12 miliar)Lyft (US$11,5 miliar), Grab (US$11 miliar)Palantir Technologies (US$11 miliar).

Asia Tenggara Punya 1 Decacorn Baru

Dari 15 perusahaan dunia yang naik kelas ke decacorn, kamu tentu tahu mana yang dari Asia Tenggara. Teman jalan dalam keseharianmu, Grab adalah Decacorn pertama di Asia Tenggara.

Sejak didirikan pada tahun 2012 sebagai layanan transportasi online, Grab kini telah hadir di 8 negara di seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bukan hanya menawarkan jasa perjalanan, Grab kini menjadi Everyday SuperApp yang memperluas bisnisnya ke pengiriman makanan, dokumen atau paket barang, hingga hiburan.

Pencapaian luar biasa Grab sebagai decacorn ini pun tak lepas dari para pengguna setia, mitra pengemudi, dan rekan merchant yang sama-sama bergerak maju demi kehidupan yang lebih baik. Grab adalah decacorn (super unicorn) yang punya kualitas pelayanan baik, harga terjangkau dan penggunaan waktu yang efisien. Nggak heran kalau Grab punya nilai valuasi yang tinggi, yakni lebih dari US$ 11 miliar, yang menjadikannya startup pertama yang sudah mencapai Decacorn di Asia Tenggara. 

 

(Adv)