Lakshmi Mittal, Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Eropa

Oleh stella maris pada 04 Mar 2019, 14:25 WIB
Lakshmi Mittal

Bola.com, Jakarta - Sepakbola menjadi salah satu wadah para miliarder untuk menanamkan sahamnya alias berinvestasi. Sebut saja Erick Thohir yang baru saja melepas saham Inter Milan dan menuju ke klub League One Inggris.

Ternyata memiliki saham di klub sepak bola menjadi keputusan bisnis tepat dan mendatangkan untung besar. Namun bukan Erick saja yang menanamkan saham di klub sepak bola.

Ada beberapa pengusaha atau miliarder lain yang juga menjadi pemilik saham klub sepak bola. Salah satu yang terkaya adalah Lakhsmi Mittal.

Dikutip laman News18, Mittal adalah warga negara Inggris kelahiran India. Dia berada di posisi keempat pemilik klub sepak bola terkaya di Eropa.

Mittal memegang 34 persen saham di klub sepakbola Inggris, Queens Park Rangers yang dibelinya pada 2007. Dia juga pemilik perusahaan ArcelorMittal, salah satu produsen baja terbesar di dunia.

Pada 2008 dia menjadi orang ketiga terkaya dalam sejarah, dengan jumlah kekayaan USD65 miliar atau sekitar Rp963 triliun. Namun tak bertahan lama karena dia mengalami kerugian besar sebanyak USD10,4 miliar.

Kini jumlah kekayaannya sekitar USD14,2 atau Rp200,5 triliun. Saat ini klub Queen Park Rangers sudah diambil alih ke menantu Mittal, Amit Bhatia. 

Grab
Ki-ka: CEO Grab Anthony Tan dan CEO Kudo Albert Lucius. (Foto: Grab)

Nah jika Mittel ingin mencoba bisnis baru dengan menanamkan saham di startup tentu bisa. Dengan harta kekayaan yang dimiliki, Mittel bisa menyasar statup level decacorn. 

Bicara tentang decacorn, Grab kini menyandang status startup level decacorn di Asia Tenggara. Dengan jumlah perjalanan mencapai tiga miliar kilometer sejak pertama kali diluncurkan pada 2012, Grab kini menjadi startup dengan nilai valuasi USD10 miliar atau setara dengan Rp140 triliun.

Grab saat ini beroperasi di 222 kota di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Sejalan dengan ekspansinya, Grab saat ini juga memimpin pasar ride-hailing di Indonesia dengan 60% pangsa pasar di segmen kendaraan roda dua dan 70% pangsa pasar di segmen kendaraan roda empat.

Grab kini juga menjadi everyday Super App, di mana para penggunanya dapat menikmati beragam layanan terbaru yang mengagumkan seperti berbelanja, pembayaran utilitas, hiburan.  

 

 

(Adv)