Sukses


Catatan Pep Guardiola di Liga Champions

Bola.com, Manchester - Pep Guardiola akan memimpin Manchester City menjalani laga penentuan pada babak 16 besar Liga Champions. The Citizens memiliki modal positif setelah unggul 3-2 saat bertandang ke markas Schalke.

Walaupun kalah 0-1 pada laga nanti, Manchester City masih dipastikan melaju ke perempat final. Hal itu dikarenakan The Citizens unggul agresivitas gol tandang.

Secara matematis dan fakta kualitas skuat, Manchester City hampir pasti melanjutkan langkah mereka. Namun, Guardiola menyatakan kalau pengalaman The Citizens masih belum cukup untuk membuat klub tersebut menjadi unggulan di Liga Champions.

"Jika dianalogikan dengan masa pertumbuhan, Manchester City berada pada masa remaja terkait keikutsertaan mereka di Liga Champions," ujar Guardiola.

"Namun positifnya, remaja itu memiliki ambisi yang tinggi untuk mengejar target. Karena itu, kami sangat bersemangat untuk mengantarkan klub naik tingkat. Kami siap menghadapi siapa pun," kata Guardiola.

Liga Champions menjadi obsesi dari pemilik Manchester United, Sheikh Mansour. Sejak mengakuisisi klub pada 2008, Sheikh Mansour telah mengarahkan The Citizens untuk menjadi kekuatan baru di Eropa.

Hal itu yang membuat Manchester City memperkerjakan Pep Guardiola sebagai manajer. Guardiola dinilai sebagai manajer yang paling pas untuk mengantarkan klub meraih gelar Eropa pertama sejak 1970.

2 dari 2 halaman

Guardiola dan Liga Champions

Pep Guardiola memulai karier manajerial di level senior pada 2008 setelah ditunjuk menjadi pelatih skuat utama Barcelona. Pada musim perdananya tersebut, Guardiola mencetak sejarah setelah mengantarkan Blaugrana menjadi treble winners.

Pada musim 2008-09, Barcelona mengamankan gelar La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions. Ia kembali mengantarkan Barcelona menjadi juara Liga Champions pada 2010-11.

Setelah itu, Guardiola meninggalkan Barcelona dan memutuskan untuk rehat selama satu tahun sebelum menjadi pelatih Bayern Munchen. Ia berada di klub tersebut selama tiga musim, namun gagal mengantarkan Bayern Munchen meraih gelar Liga Champions. Ia hanya berhasil mengantarkan Die Bayern mencapai babak semifinal.

Guardiola bergabung ke Manchester City pada 2016. Ia sudah tiga musim menangani klub tersebut.

Pada dua musim sebelumnya, Manchester City mengalami perkembangan positif. Pada musim pertama menjadi manajer Manchester City, Guardiola mengantarkan klub tersebut mencapai babak perempat final.

Pada musim berikutnya, yaitu musim 2017-18, Guardiola mengantarkan The Citizens hingga babak semifinal.

Pada musim ini, Guardiola diharapkan dapat mengantarkan Manchester City meraih gelar perdananya di Liga Champions.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Video Populer

Foto Populer