9 Fakta Menarik Jelang Drawing Perempat Final Liga Champions

Oleh Nurfahmi Budi pada 15 Mar 2019, 11:25 WIB
Ilustrasi Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Kota Nyon akan menjadi pusat perhatian pada petang ini. Hal itu berlatar aktivitas drawing perempat final Liga Champions 2018-2019. Para pelatih, pemain dan fan bakal tegang menanti siapa lawan klub mereka.

Nuansa deg-degan menjadi kondisi yang tak terbantahkan. Maklum, drawing pada fase 8 besar ini tak berdasarkan poin atau peringkat. Artinya, kans setiap klub akan sama untuk bertemu tim lain.

Delapan tim yang berada di pot petang nanti adalah Liverpool, Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur, Juventus, Ajax Amsterdam, FC Porto dan Barcelona. Berlatar komposisi tersebut, tak mengherankan jika akan banyak tim-tim besar yang rontok.

Berikut ini beberapa fakta menarik jelang drawing perempat final Liga Champions 2018-2019:

 

2 of 2

Catatan dan Fakta

Logo Liga Champions
Logo Liga Champions (Ilustrasi stadion)

1. Jumlah klub asal Inggris yang berada di fase perempat final Liga Champions musim ini menyamai representasi Inggris pada empat musim terakhir.

2. Ini kali pertama bagi Spanyol hanya memiliki satu wakil pada babak perempat final Liga Champions sejak 2009-2010.

3. Tak ada wakil Jerman pada perempat final Liga Champions tahun ini, dan itu menjadi yang pertama sejak 2005-2006.

4. Ajax Amsterdam menjadi tim pertama asal Belanda yang mampu melangkah ke babak perempat final Liga Champions sejak PSV Eindhoven pada 2006-2007.

5. Ajax Amsterdam menjadi pemilik starter eleven termuda di antara tim yang tersisa pada Liga Champions musim ini, yakni rata-rata usia 24 tahun dan 202 hari.

6. FC Porto memiliki nama-nama pencetak gol terbanyak, di luar gol bunuh diri, dibanding tim lain pada musim ini, yakni 10 pemain.

7. Manajer Manchester City, Pep Guardiola berhasil lolos ke fase perempat final sebanyak 9 kali dengan status sebagai pelatih. Dalam 10 tahun karier kepelatihan, ia hanya gagal pada 206-2017.

8. Barcelona berhasil lolos ke babak perempat final sebanyak 12 kali secara beruntun.

9. Tottenham Hotspur lolos ke perempat final Liga Champions untuk kali ketiga sepanjang sejarah mereka. Kali terakhir melaju ke fase 8 Besar terjadi pada 2010-2011.

Sumber: BBC, Opta

Lanjutkan Membaca ↓