Data dan Fakta Duel 8 Klub di Perempat Final Liga Champions

Oleh Rizki Hidayat pada 16 Mar 2019, 17:45 WIB
Liga Champions Perempat Final

Bola.com, Jakarta - Proses undian perempat final Liga Champions musim ini telah berlangsung di markas UEFA, Nyon, Swiss, Jumat (15/3/2019). Rencananya, pertandingan dua leg perempat final berlangsung pada April 2019.

Dari empat laga yang tersaji, duel Manchester United kontra Barcelona diyakini bakal mencuri perhatian. Pasalnya dalam 10 tahun terakhir, MU dan Barca telah dua kali bersua pada partai final Liga Champions.

Dua pertandingan tersebut berhasil dimenangkan Los Cules. Pada final musim 2008-2009 di Stadio Olimpico, Barcelona menang 2-0. Sementara itu, partai puncak musim 2010-2011 di Stadion Wembley, El Barca memetik kemenangan 3-1 atas skuat Setan Merah.

Manchester United berpeluang untuk membalas kekalahan tersebut, karena pada leg pertama akan lebih dulu menjamu Lionel Messi dkk. di Old Trafford pada 10 April 2019. Sementara itu, laga leg kedua dihelat di kandang Barcelona, Camp Nou, 16 April 2019.

Pertandingan menarik lain yang akan tersaji pada perempat final adalah Ajax Amsterdam kontra Juventus, Liverpool melawan FC Porto, serta pertemuan sesama klub Inggris, Tottenham Hotspur versus Manchester City.

Nantinya, pemenang Tottenham atau Man City akan menghadapi pemenang Ajax atau Juve, sedangkan pemenang Barcelona atau Manchester United bersua The Reds atau Porto di semifinal Liga Champions.

Berikut ini adalah data dan fakta duel klub-klub di perempat final Liga Champions:

 

2 of 5

Ajax Amsterdam Vs Juventus

Kebahagiaan Ronaldo Cs  Usai Depak Atletico Madrid
Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo (kanan) diikuti rekan-rekan setimnya merayakan gol ke gawang Atletico Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Selasa (12/3). Juventus menang 3-0. (Marco BERTORELLO/AFP)

1. Dari sejumlah duel sengit Ajax versus Juventus, satu yang paling diingat adalah final Liga Champions 1996-1997. Dalam partai final di Stadio Olimpico, Roma, Ajax menyerah 2-4 dari Juve lewat adu penalti setelah skor 1-1 bertahan hingga laga berakhir.

2. Head to head kedua klub di turnamen Eropa adalah Ajax meraih dua kemenangan, Juventus memetik enam kemenangan, dan empat pertandingan berakhir imbang.

3 of 5

Liverpool Vs FC Porto

Liverpool Tundukan Bayern Munchen
Perayaan gol Van Dijk pada leg kedua, babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung di Stadion Allianz Arena, Munchen, Kamis (14/3). Liverpool menang 3-1. (AFP/Odd Andersen)

1. Liverpool meraih kemenangan agregat 5-0 atas FC Porto pada 16 besar Liga Champions musim lalu. Kelima gol The Reds tercipta pada leg pertama di Estadio do Dragao, markas Porto.

2. Head to head kedua klub di turnamen Eropa adalah Liverpool meraih tiga kemenangan, Porto tak pernah menang, dan tiga pertandingan berakhir imbang.

4 of 5

Tottenham Hotspur Vs Manchester City

Manchester City Vs Watford
Para pemain Manchester City merayakan gol yang dicetak oleh Raheem Sterling ke gawang Watford pada laga Premier League 2019 di Stadion Etihad, Sabtu (9/3). Manchester City menang 3-1 atas Watford. (AFP/Paul Ellis)

1. Ini akan menjadi pertemuan pertama kedua klub di turnamen Eropa.

2. Manchester City meraih kemenangan 1-0 atas Tottenham Hotspur di Premier League pada 29 Oktober 2018. Pertemuan berikutnya di liga akan berlangsung di markas City, Stadion Etihad, pada 20 April 2019.

3. Dalam 156 pertemuan terakhir di kompetisi domestik, Manchester City berhasil meraih 61 kemenangan, Tottenham menang dalam 60 pertandingan, dan 35 laga berakhir imbang.

5 of 5

Barcelona Vs Manchester United

Barcelona Singkirkan Lyon
Selebrasi gol pertama Barcelona pada leg kedua, babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis (14/3). Barcelona menang 5-1 atas Lyon. (AFP/Lluis Gene)

1. Pertandingan leg pertama duel kedua klub dipastikan bakal berlangsung di markas MU, Old Trafford. Pasalnya, Manchester United dan Manchester City tidak bisa memainkan laga kandang pada malam yang sama, atau secara beruntun.

2. Barcelona mengalahkan Manchester United pada final Liga Champions 2009 dan 2011. Lionel Messi menjadi momok buat The Red Devils, karena mencetak gol dalam dua pertandingan final tersebut.

3. Head to head kedua klub di turnamen Eropa adalah Barcelona menang dalam empat laga, Manchester United menang dalam tiga pertandingan, dan tiga laga berakhir imbang.

Sumber: UEFA

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Lanjutkan Membaca ↓