FIFA Ubah Format Piala Dunia Antarklub

Oleh Liputan6.com pada 16 Mar 2019, 23:00 WIB
gianni infantino

Zurich - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) resmi mengubah format turnamen Piala Dunia Antarklub. Mulai 2021, turnamen tersebut bakal diikuti 21 klub dan digelar empat tahun sekali. 

Dalam format saat ini, Piala Dunia Antarklub diikuti tujuh klub dari enam konfederasi berbeda. Real Madrid menjadi jawara edisi 2018 lalu yang digelar di Uni Emirat Arab.

Namun mulai 2021 mendatang, Piala Dunia Antarklub akan digelar pada Juni dan Juli melibatkan 24 kontestan. Ajang ini bakal menggantikan pentas Piala Konfederasi di kalender FIFA.

"Mulai sekarang dunia akan melihat Piala Dunia Antarklub yang sebenarnya di mana para tim terbaik akan bersaing untuk menjadi juara dunia klub," ujar Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam konferensi pers di Miami, Amerika Serikat, Jumat (15/3).

"Ini penting karena klub sepak bola telah berevolusi. Mereka bergerak dengan kecepatan berbeda dalam bagian dunia yang berbeda dan menjadi tugas dan tanggung jawab kai untuk memastikan bahwa kami mendorong klub sepak bola profesional di seluruh dunia," imbuhnya.

"Kami ingin memiliki kompetisi yang menarik, prestisius, dan inklusif bagi klub dan kami akan memilikinya dengan Piala Dunia Antarklub edisi anyar yang dimulai pada 2021, jadi saya sangat senang keputusan ini telah diambil," tukasnya.

2 of 2

Sangat Antusias

Para pemain Real Madrid merayakan gelar juara usai mengalahkan Al-Ain pada laga final Piala Dunia Antarklub di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Sabtu (22/12). Al-Ain kalah 1-4 dari Madrid. (AFP/Giuseppe Cacace)
Para pemain Real Madrid merayakan gelar juara usai mengalahkan Al-Ain pada laga final Piala Dunia Antarklub di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Sabtu (22/12). Al-Ain kalah 1-4 dari Madrid. (AFP/Giuseppe Cacace)

Meski FIFA mengaku sangat antusias dengan penambahan tim ini, akan tetapi keputusan tersebut ditentang oleh klub-klub Eropa yang merasa ajang tersebut tak sesuai dengan kalender yang sudah mereka susun hingga 2024 mendatang.

Menanggapi penentangan ini, Infantino pun mengaku pihaknya sudah menggelar diskusi dengan presiden UEFA. Infantino pun optimistis kesepakatan antara FIFA dengan klub-klub benua biru akan segera tercapai dalam waktu dekat.

"Kami memiliki tanggung jawab untuk mengambil keputusan di FIFA dan kami mengambilnya. Saya yakin dalam beberapa pekan ke depan pembicaraan dengan UEFA akan menghasilkan beberapa kesepakatan yang positif," tegas Infantino.

Sumber: Bola.net

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Lanjutkan Membaca ↓