Undang Erdogan, Mesut Ozil Sengaja Cari Ribut dengan Jerman?

Oleh Ario Yosia pada 19 Mar 2019, 08:00 WIB
Kasus 10 Pesepakbola yang Terciduk Berselingkuh

Bola.com, Jakarta - Kisruh antara Mesut Ozil dengan negaranya, Jerman, sepertinya akan kembali memanas. Kabar terbaru menyebutkan bahwa gelandang Arsenal tersebut mengundang presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, ke acara pernikahannya.

Masih jelas teringat di benak publik bagaimana Ozil keluar dari Timnas Jerman dengan cara yang kurang menyenangkan. Dalam pernyataan resminya, pemain berumur 30 tahun tersebut berkata bahwa dirinya mendapat perlakuan tak menyenangkan sebagai imigran Jerman.

"Bila kami menang, saya adalah orang Jerman. Tapi bila kami kalah, saya adalah seorang imigran," tulis Ozil dalam pernyataan mundurnya dari Timnas Jerman pasca Piala Dunia 2018 lalu, dikutip dari Telegraph.

Foto antara Ozil dengan Erdogan menjadi biang permasalahan pada saat itu. Mantan penggawa Real Madrid tersebut dianggap melakukan kesalahan karena bertemu dengan Erdogan yang sedang dirundung masalah hak asasi manusia.

Momennya tidak tepat. Foto itu tersebar saat Timnas Jerman tengah melakukan persiapan untuk melakoni laga-laga Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia bulan Juli lalu. Sialnya, performa Die Panzer hancur-hancuran pada fase grup.

Kiprahnya dimulai dengan kekalahan 0-1 atas Meksiko. Tapi peluang untuk melaju ke babak selanjutnya sempat terbuka setelah pasukan Joachim Loew tersebut mengalahkan Swedia dengan skor tipis 2-1. Sayang, mereka kembali menelan kekalahan di partai terakhir.

Jerman dipastikan tersingkir, padahal mereka datang dengan status juara bertahan. Publik lalu menyasar Mesut Ozil sebagai kambing hitam karena dinilai memiliki kontribusi minim dalam tim dan mengungkit soal fotonya bersama Erdogan dulu.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 of 2

Banyak Fans Jerman Kecewa

Arsenal
Gelandang Arsenal, Mesut Ozil, tertunduk lesu setelah takluk 1-3 dari Manchester United pada laga pekan ke-15 Premier League 2017-2018 di Emirates Stadium, London, Sabtu (2/12/2017). (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Waktu berjalan, dan masalah Ozil dengan Timnas Jerman tenggelam secara perlahan. Namun perseteruan antara keduanya sepertinya akan kembali terangkat dalam waktu dekat.

Baru-baru ini, Ozil kedapatan menemui Erdogan di bandara Istanbul bersama sang tunangan, Amine Gulse. Beberapa laporan menyebutkan bahwa Ozil mengundang Erdogan sebagai salah satu tamu kehormatan di pernikahannya.

Pertemuan antara Ozil dan Erdogan pun sudah mengundang reaksi dari berbagai politisi Jerman, salah satunya datang dari Helge Braun. Staf kanselor Jerman, Angela Merkel, itu mengaku kecewa karena menilai Ozil mencoba mengangkat masalah yang telah lama usai.

"Fakta bahwa ini masih berlanjut akan mengecewakan banyak fans sepak bola, termasuk saya," tutur Helge Braun seperti yang dikutip dari Telegraph.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓