Olivier Giroud Kini Setara dengan David Trezegue di Jajaran Top Scorer Sepanjang Masa Timnas Prancis

Oleh Ario Yosia pada 25 Mar 2019, 09:15 WIB
FOTO: Kylian Mbappe Cetak Gol, Prancis Bungkam Belanda

Bola.com, Jakarta - Keputusan Didier Deschamps yang tetap membawa Olivier Giroud ke Timnas Prancis terbukti tidak salah. Walau keputusan tersebut kerap menuai kritik karena Giroud hanya jadi cadangan di Chelsea.

Giroud memang hanya jadi cadangan di Chelsea pada musim 2018-2019 ini. Simak saja catatan bermainnya di Premier League, hingga pekan ke-31. Giroud baru diturunkan di enam laga saja sebagai pemain inti.

Sementara, dia menjadi pemain pengganti pada 15 laga. Pada paruh pertama musim, dia jadi cadangan bagi Alvaro Morata. Di paruh kedua, penyerang 32 tahun jadi pelapis bagi Gonzalo Higuain.

Olivier Giroud memang hanya jadi opsi kedua di Chelsea. Tapi, tidak jika di timnas Prancis. Giroud tampil sejak menit awal ketika Prancis berjumpa Moldova pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2020, Sabtu (23/3/2019) dini hari WIB.

Kesempatan bermain yang didapat tidak disia-siakan begitu begitu saja oleh Giroud. Dia mampu mencetak satu gol pada menit ke-36 usai menerima umpan dari Blaise Matuidi. Gol yang penting bagi Giroud.

Bukan hanya untuk membungkap mereka yang selama ini mengkritiknya, tapi juga untuk mengukir sebuah rekor. Giroud kini tercatat sebagai salah satu top scorer sepanjang masa Prancis, satu level dengan David Trezeguet.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 of 2

Penyerang Nomor 3 Terproduktif

Prancis Vs Jerman
Penyerang Prancis, Olivier Giroud, berusaha melewati pemain Jerman pada laga UEFA Nations League di Stade de France, Paris, Selasa (16/10/2018). Prancis menang 2-1 atas Jerman. (AP/Christophe Ena)

Giroud telah mencetak 34 gol untuk Le Blues di ajang kompetitif. Dia hanya kalah tajam dibanding dua pemain lain yakni Michel Platini (41 gol) dan Thierry Henry (51). Capaian yang sangat prestisius tentunya.

Giroud sudah menjadi andalan Deschamps sejak lama. Termasuk di ajang Piala Dunia 2018 lalu. Hanya saja, keputusan Deschamps untuk terus membawa Giroud tidak lepas dari kritik. Sebab, Giroud tak mencetak satu gol pun di Piala Dunia meski jadi pemain inti.

Namun, Deschamps menepikan semua kritik dan terus mengandalkan Giroud pasca Piala Dunia. Baginya, eks Arsenal itu adalah pemain penting. Tugasnya di atas lapangan bukan hanya untuk membuat gol tapi membantu permainan tim.

"Saya pikir kritik yang diberikan pada Giroud sudah berletihan dan tidak adil. Dia adalah pemain penting bagi klub ini," papar Deschamps.

Sumber: Bola.net

 

Lanjutkan Membaca ↓