Sukses


7 Fakta Seusai Liverpool Vs FC Porto: Milestone Jurgen Klopp dan Roberto Firmino

Bola.com, Jakarta - Liverpool menekuk FC Porto dengan skor 2-0, pada Leg 1 Babak Perempat Final Liga Champions 2018-2019, di Stadion Anfield, Rabu (10/4/2019) dini hari WIB. Dua gol dari Naby Keita (5') dan Roberto Firmino (26'), memberi jalan lapan bagi Liverpool ke semifinal.

Beragam catatan manis tercipta seusai kemenangan tersebut, terutama bagi kalangan armada Liverpool. Jurgen Klopp, Alisson dan Roberto Firmino, menjadi tiga di antara orang yang mampu menuai mencetak fakta positif.

Terkait pertandingan, Jurgen Klopp mengakui tak mudah menghadapi laga ketat kontra FC Porto. Skor 2-0 tak mereflekskan 100 persen kadar kemenangan anak asuhnya.

Bagi Klopp, FC Porto sangat berbahaya, dan mereka tak serta merta menyerah. "Kami sangat bahagia karena menang dan sanggup menguasai bola meski tak mudah. Kami masih sesekali memberi ruang terhadap Porto, dan serangan baik mereka membahayakan," ungkap Klopp.

Berikut ini beberapa catatan seusai Liverpool menang atas FC Porto:

 

2 dari 2 halaman

7 Fakta

1. Liverpool memerpanjang catatan tak terkalahkan di rumah sendiri pada turnamen Eropa, yakni 21 pertandingan, dengan rincian 15 menang dan 6 ser.

2. Pada 21 laga kandang tersebut, Liverpool berhasil mencatat 12 clean sheets, dan kebobolan 15 gol.

3. FC Porto tak pernah menang saat berlaga di Inggris. Total, mereka gagal menang pada 20 pertandingan di Eropa, yakni 3 seri dan 17 kekalahan.

4. Jurgen Klopp mengoleksi kemenangan ke-400 sebagai pelatih di seluruh kompetisi, dengan 111 di antaranya bersama Liverpool. Ia meraih 180 kemenangan bersama Borussia Dortmund dan 109 kemenangan bersama FSV Mainz 05).

5. Sejak awal musim lalu, hanya Cristiano Ronaldo (24) yang lebih banyak terlibat dalam proses gol di pentas Liga Champions dibanding Roberto Firmino. Striker asal Brasil tersebut mencetak 13 gol dan 8 assists.

6. Firmino terlibat dalam 12 gol, dari 11 laga Liga Champions di Anfield, yakni 7 gol dan 5 assists.

7. Sejak debut di Liga Champions pada September 2017, kiper Liverpoo, Alisson mampu mencatat 9 clean sheets, terbanyak dibanding kiper lain. Catatan tersebut berasal rumah sendiri, yakni 5 clean sheets bersama AS Roma di Olimpico, dan 4 clean sheets bersama Liverpool di Anfield.

Sumber: BBC, Opta

Video Populer

Foto Populer