Sukses


Fakta Menuju Manchester United Vs Barcelona: Kenangan Wembley dan Spirit PSG

Bola.com, Jakarta - Laga Manchester United kontra Barcelona mengungkap beragam fakta yang membuat pertarungan nanti malam bakal berlangsung menarik. Ada warna Wembley dan Paris Saint-Germain (PSG) kala keduanya bersua di Old Trafford, pada Leg 1 Babak Perempat Final Liga Champions 2018-2019.

Manchester United dan Barcelona memang memiliki pertalian sejarah kalah menyebut nama Wembley. Yup, perjumpaan malam ini menjadi yang pertama sejak mereka bersua di Wembley pada final Liga Champions tahun 2011.

Saat itu, Manchester United bertekuk lutut dari 'tim tamu' dengan skor 1-3. Tiga gol Barcelona lahir via Pedro Rodriguez pada menit ke-27, sepakan Lionel Messi (54') dan David Villa (69'). Sementara itu, gol tunggal Setan Merah berasal dari aksi Wayne Rooney (34').

Alhasil, Manchester United membawa misi balas dendam, yang mendapat sambutan 'panas' dari Barcelona. Artinya, tim tamu tak ingin melewatkan begitu saja perjumpaan pertama pada 8 Besar Liga Champions musim ini.

Selain lini Wembley, nama PSG juga terseret. Kali ini, Manchester United menjadi penyebabnya. Semua itu berlatar kehebatan, atau bisa dibilang aksi keajaiban, Manchester United pada fase 16 besar.

Secara heroik, Manchester United sanggup lepas dari adangan PSG setelah menang di markas lawan. Pada pertemuan pertama, Manchester United takluk dengan skor 0-2. Namun, Marcus Rashford dkk mengamuk di Paris, dan membawa pulang skor kemenangan 3-1.

 

2 dari 2 halaman

Fakta Terkini

Kini, modal tersebut berbarengan dengan beberapa fakta lain yang membuat fans Manchester United percaya diri. Setan Merah tak pernah kalah pada laga kandang kontra Barcelona. Kali terakhir mereka bersua, terjadi pada leg 2 semifinal Liga Champions 2007-2008, dengan skor 1-0 bagi Manchester United.

Kondisi tersebut membuat Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, percaya anak asuhnya bisa mendapat modal berharga sebelum terbang ke Camp Nou. Baginya, pengalaman lepas dari jeratan PSG menjadi spirit.

"Kepercayaan diri para pemainku sangat besar, dan itu benefit luar biasa ketika bertemu tim seperti Barcelona. Berbekal apa yang sudah kami lakukan pada saat bersua PSG, kami akan membuat Barcelona kesulitan," ancam Solskjaer.

Sementara itu, Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menegaskan, Lionel Messi dkk siap tempur. Meski tahu akan menguasai dominasi bola, Valverde ingin anak asuhnya waspada.

Ia memprediksi, Manchester United akan memberi kejutan. "Artinya, pasukanku harus bermain tenang, dan itu yang akan membuat Barcelona pulang dengan kemenangan," sebut Valverde.

Sumber: BBC, Opta

Video Populer

Foto Populer