Hasil Liga Champions: Ronaldo Cetak Gol, Juventus Tertahan di Markas Ajax

Oleh Yus Mei Sawitri pada 11 Apr 2019, 04:15 WIB
Cristiano Ronaldo

Bola.com, Turin - Juventus gagal mencuri kemenangan di kandang Ajax Amsterdam setelah ditahan 1-1 di Amsterdam Arena pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018-2019, Kamis (11/4/2019) dini hari WIB. 

Bianconeri, julukan Juventus, sebenarnya sudah sempat unggul lebih dulu. Jelang babak pertama rampung, Cristiano Ronaldo mencetak gol melalui sundulan setelah menyambut umpan matang dari rekan setimnya, Joao Cancelo.

Namun, Ajax menunjukkan perlawanan yang gigih. Begitu memasuki babak kedua, Ajax langsung menyamakan kedudukan melalui aksi ciamik dari David Neres. Tembakan melengkungnya membuat sang kiper Juventus, Wojciech Szczesny, tidak berkutik.

Jika ingin lolos ke babak selanjutnya, Juventus harus meraih kemenangan pada leg kedua nanti. Pertemuan kedua antara tim akan berlangsung pada pekan depan di markas Bianconeri, Allianz Stadium.

Pada pertandingan tersebut, Juventus yang berstatus tim tamu menunjukkan dominasinya. Bahkan saat pertandingan baru berjalan dua menit, Federico Bernardeschi sudah menebar ancaman dengan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Namun perlahan Ajax memberikan tekanan-tekanan berbahaya. Pada menit ke-18, mereka sempat mendapatkan peluang dari tembakan melengkung Hakim Ziyech. Sayang, tembakannya masih mampu ditepis oleh Wojciech Szczesny.

Di menit ke-30, giliran Juventus yang menciptakan peluang. Umpan dari sepakan pojok langsung disambut oleh Cristiano Ronaldo dengan tembakan voli keras. Namun bidikan pemain asal Portugal itu masih melebar dari sasaran.

Juventus kembali mendapatkan peluang di menit ke-37. Umpan silang dari Alex Sandro mengarah ke Ronaldo, yang langsung menyodorkan bola ke arah Federico Bernadeschi. Pemain asal Italia itu melepaskan tembakan dari jarak dekat yang gagal menemui sasaran.

Gol yang dinanti-nanti Juventus tiba jelang akhir dari babak pertama. Joao Cancelo memberikan umpan indah ke arah Ronaldo yang lepas dari pengawalan pemain bertahan Ajax. Ia lalu melepaskan sundulan yang gagal diselamatkan oleh Andre Onana. 

 

2 of 2

Babak Kedua

Ajax tak ingin tertinggal lebih lama. Begitu wasit memulai babak kedua, mereka langsung menggebrak dan bahkan mencetak gol penyama kedudukan. David Neres seorang diri menerobos lini pertahanan Juventus dan melepas tembakan melengkung yang jauh dari jangkauan Szczesny. 1-1.

Pada menit ke-53, Rodrigo Bentancur mengalami tarikan di kotak penalti saat hendak menyambut umpan dari situasi tendangan bebas. Namun setelah wasit memastikan melalui VAR, ia memutuskan tidak menghadiahkan penalti kepada Bianconeri.

Pada babak kedua ini, Ajax benar-benar menguasai permainan. Tim tamu dibombardir serangkaian serangan dan membuat mereka terpaksa bertahan. Tapi Ajax hanya mampu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti Juventus.

Menit ke-85, Juventus baru bisa melakukan serangan. Douglas Costa yang masuk sebagai pengganti di babak kedua menebar ancaman dengan stamina yang masih segar. Ia lalu melakukan tusukan dan melepas tembakan mendatar yang membentur gawang Ajax. 

Di sisa-sisa menit, kedua tim menunjukkan tekad mengubah kedudukan. Sayang Dewi Fortuna tidak memihak salah satu dari keduanya. Alhasil, Ajax dan Juventus harus menerima hasil imbang pada partai leg pertama kali ini.

Sumber: Bola.net 

  

Lanjutkan Membaca ↓