Gereja Notre Dame Terbakar, Pesepak Bola Dunia Luapkan Kesedihan

Oleh Aning Jati pada 16 Apr 2019, 15:15 WIB
Paris Saint-Germain Vs Lille

Bola.com, Jakarta - Kabar menyedihkan datang dari Paris. Gereja penuh sejarah berusia lebih dari 800 tahun, Notre Dame, mengalami kebakaran. Belum diketahui apa yang jadi penyebab api melalap satu di antara icon Prancis yang terletak di kota sama seperti markas klub Paris-Saint Germain (PSG), itu pada Selasa dini hari WIB (16/4/2019). 

Peristiwa ini jadi sorotan publik di segenap penjuru dunia, dari berbagai kalangan menyuarakan keprihatinan mereka, tak terkecuali deretan pesepak bola dunia, seperti dari pemain PSG.

Tak lama setelah api memusnahkan beberapa bagian gereja bergaya Gothic itu, pemain-pemain PSG mengunggah kesedihan mereka melalui akun media sosial personal. Mereka di antaranya Kylian Mbappe, Neymar, dan Julian Draxler.

Tak banyak yang mereka tulis dalam foto yang mereka unggah terkait kebakaran yang melanda Notre Dame. Hanya emoticon duka dan kesedihan yang mereka tonjolkan.

Mbappe mengunggah foto Notre Dame yang sedang terbakar dengan emoticon menangis serta bendera Prancis. Unggahan bintang PSG itu mendapat respons dari David Beckham.

Neymar mengunggah sebuah sketsa the Hunchback yang seperti sedang memeluk Notre Dame. Unggahan ini juga mendapat respons dari rekan-rekan kalangan selebritas pemain internasional Brasil lain.

Julian Draxler, ikut larut dalam kesedihan. Ia mengunggah foto Notre Dame pasca kebakaran, dengan dibubuhi emoticon sedih. Unggahan ini mendapat respons dari sesama pesepak bola seperti Giovani Lo Celso, hingga legenda Patrick Kluivert.

Satu lagi pemain yang turut meluapkan keprihatinan adalah pemain Arsenal asal Prancis, Alexandre Lacazette. Sama seperti yang lain, ia mengunggah foto gereja yang selesai dibangun pada 1345 saat sedang dilalap si jago merah. Ia menyertakan icon sedih dan bendera Prancis.

Dalam informasi yang dirilis, otoritas Prancis memastikan bangunan utama, dua menara utama gereja yang mendapat julukan Our Lady ini dapat diselamatkan dari api. Meski begitu, spiral yang jadi salah satu bagian ternama Notre Dame tak kuasa menahan panasnya api.

Spiral itu hangus dan ambruk. Begitu pula dengan beberapa artefak dengan sejarah tak ternilai harganya, yang hingga kini belum diketahui kepastiannya, apakah bisa diselamatkan.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, memastikan rakyat Prancis akan membangun kembali Notre Dame, dan Prancis membuka bantuan dari dunia internasional untuk sama-sama membangun gereja yang berhasil bertahan selama lebih dari delapan abad itu.

Sumber: Berbagai sumber