Italia Deportasi 54 Fans Ajax Jelang Laga Kontra Juventus

Oleh Aning Jati pada 16 Apr 2019, 21:45 WIB
Suporter Ajax Amsterdam

Bola.com, Jakarta - Suporter Ajax Amsterdam sepertinya belum kapok. Meski lebih dari 130 orang di antara mereka sudah ditangkap pasca membuat onar di beberapa lokasi di Amsterdam dalam rangkaian laga menjamu Juventus pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018-2019 (11/4/2019), ada ada beberapa lagi yang diduga akan membuat keributan saat Ajax giliran menjalani laga tandang ke markas Juventus di Turin, Italia.

Ajax Amsterdam akan melakoni leg kedua di Allianz Stadium, Rabu dini hari (17/4/2019).

Namun, sebelum memasuki stadion kandang Juventus itu, sebanyak 54 suporter Ajax dikirim pulang kembali ke negara asal alias dideportasi Pemerintah Italia melalui aparat keamanan. 

54 fans itu kedapatan membawa "peralatan tempur" mulai berbagai jenis kembang api hingga bom asap. Mereka diamankan di bus di pinggiran Kota Turin pada Senin malam waktu setempat.

"Kami bertempur memerangi setiap jenis kekerasan di dalam dan luar stadion," ujar Matteo Salvini, Menteri Dalam Negeri Italia.

"Pelanggaraan tertentu seharusnya tak terjadi di lapangan sepak bola lagi," tegasnya.

Salvini menambahkan, fans yang tidak ditahan, akan diarahkan ke perbatasan, sesuai regulasi keamanan.

Lebih dari 2000 suporter Ajax diprediksi akan hadir di Allianz Stadium untuk mendukung tim kesayangan berlaga. 

Skor 1-1 yang terjadi di leg pertama, membuat leg kedua diyakini akan berjalan sengit. 

Pada leg pertama lalu, selain insiden bentrokan fans Ajax Amsterdam dengan aparat keamanan di beberapa lokasi di Amsterdam, UEFA juga sedang menyelidiki kasus pelemparan benda-benda ke lapangan yang dilakukan suporter De Amsterdammers itu selama pertandingan serta aksi mereka mendekati Cristiano Ronaldo dengan melompati penghalang, sesaat setelah bintang Juventus itu mencetak gol pada menit ke-45.

Sumber: Sky Sports