5 Pemain yang Pernah Berkostum Barcelona dan Manchester United

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 16 Apr 2019, 21:40 WIB
Barcelona Kalahkan MU

Jakarta - Barcelona akan menjamu Manchester United di Camp Nou Stadium, Selasa (16/4/2019) atau Rabu dini hari WIB dalam lanjutan Liga Champions. Di laga ini, Los Blaugrana, sebutan Barcelona, sudah unggul agregat 1-0.

Pada leg pertama di Old Trafford, Barcelona menang 1-0 lewat bunuh diri Luke Shaw menit ke-12. Shaw sendiri terkena akumulasi kartu kuning dan harus absen dalam duel penentuan di markas Barcelona.

Barcelona diunggulkan, tapi Setan Merah, sebutan Manchester United, belum menyerah. Aksi comeback melawan PSG di babak sebelumnya menjadi salah satu sumber motivasi mereka.

Di laga ini, Los Blaugrana dipastikan bakal mengandalkan Lionel Messi. Pelatih Los Blaugrana, Ernesto Valverde, akan memainkannya sejak menit pertama.

"Bisa jadi dia akan menjadi starter dan mungkin juga tidak. Dia menyelesaikan 60 menit di hari sebelumnya yang diperkirakan lebih atau kurang. Idenya adalah bahwa dia akan tersedia," papar Valverde seperti dikutip dari Tribal Football.

Sementara itu, MU datang dengan rasa percaya diri tinggi usai menang 2-1 atas West Ham United dalam lanjutan Liga Inggris, pekan lalu. Paul Pogba dan kawan-kawan pun optimistis bisa mengalahkan Barcelona.

"Kepercayaan diri sangat penting. Semua pemain punya talenta masing-masing. Kita semua telah melihat fase sebelumnya. Barcelona adalah tim spesial, tetapi kami datang ke sana dengan pola pikir tepat," ucap Solskjaer.

Sebelum menyaksikan pertandingan seru nanti, simak lima pemain yang pernah bermain untuk Barcelona dan Manchester United. Siapa saja? Simak di halaman selanjutnya.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 6

Alexis Sanchez

Pesepak Bola yang Gagal Direkrut Guardiola
Alexis Sanchez. (AFP/Lindsay Parnaby)

Winger MU saat ini, Alexis Sanchez merupakan pemain yang pernah memperkuat Barcelona. Dia menjadi salah satu bagian dari penggawa Los Blaugrana pada 2011 hingga 2014.

Selama tiga musim bersama Barcelona, pemain Timnas Chile itu berhasil mencetak 47 gol dari 141 penampilan di semua kompetisi. Sanchez juga sempat merasakan gelar La Liga dan Copa Del Rey bersama Los Blaugrana.

Performa gemilangnya bersama Barcelona membuat klub asal Inggris, Arsenal tertarik meminangnya. Namun pada 2018 dia memilih bergabung dengan MU dengan status sebagai pemain yang memiliki gaji tertinggi.

 

3 of 6

Henrik Larsson

Pemain MU
Henrik Larsson. (AFP/Paul Ellis)

Henrik Larsson merupakan striker asal Swedia. Dia bergabung dengan Barcelona pada 2004 dan menghabiskan beberapa musim di sana. Dia juga membantu Barca memenangkan satu gelar Liga Champions dan dua gelar LaLiga. Larsson mencetak 19 gol dalam 59 pertandingan untuk raksasa Catalan.

Larsson membantu Barca memenangkan Liga Champions pada 2006 ketika mereka mengalahkan Arsenal 2-1 di Paris. Dia memberikan assist untuk kedua gol tersebut di final dan bisa dibilang sebagai pemain terbaik Barcelona di pertandingan tersebut.

Larsson bergabung dengan MU dengan status pinjaman pada 2007 dan menghabiskan satu musim di sana. Dia bermain bersama pemain seperti Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs, dan Wayne Rooney, dan mencetak tiga gol dalam 13 pertandingan untuk United. Dia juga memenangkan gelar Liga Inggris bersama mereka sebelum meninggalkan klub pada 2008.

 

4 of 6

Gerard Pique

Peraih trofi terbanyak di Eropa
Gerard Pique. (AFP/Lluis Gene)

Gerard Pique muncul dari akademi Barcelona dan bergabung dengan MU ketika masih remaja pada tahun 2004. Namun, dia datang di waktu yang tidak tepat karena MU memiliki dua bek tangguh kala itu, Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand.

Namun, Pique memperkuat United sampai 2008 dan memenangkan satu gelar Liga Champions dan satu gelar Liga Inggris bersama mereka. Dia memainkan 23 pertandingan untuk MU dan mencetak dua gol. Pique meninggalkan klub pada 2008 dan kemudian kembali ke Barcelona.

Pique kemudian menjelma menjadi salah satu bek tengah terbaik di dunia selama hampir satu dekade. Pique sudah memenangkan tiga Liga Champions dan tujuh gelar La Liga bersama Barcelona. Dia juga sudah mencetak 46 gol dalam 487 pertandingan untuk mereka.

 

5 of 6

Zlatan Ibrahimovic

Pesepak Bola yang Pernah Membela Manchester United dan PSG
Zlatan Ibrahimovic. (AFP/Franck Fife)

Striker Swedia ini bergabung dengan Barcelona dari Inter Milan pada 2009 dengan ditukar Samuel Eto'o. Namun, Ibrahimovic hanya bertahan satu musim saja di Barcelona.

Meskipun begitu, ia mampu mencetak 22 gol dari 46 pertandingan untuk mereka. Perselisihannya dengan pelatih Josep Guardiola saat itu membuatnya harus angkat kaki dari klub. Ia memenangkan satu gelar La Liga sebelum meninggalkan Barca.

Ibra bergabung dengan Manchester United saat berusia 35 tahun pada 2016 dan membantu mereka memenangkan Liga Eropa dan Piala Liga di bawah Jose Mourinho. Dia mencetak 29 gol dalam 53 pertandingan untuk United selama dua musim.

 

6 of 6

Victor Valdes

Barcelona, Manchester United, Victor Valdes
Victor Valdes. (AFP/Lluis Gene)

Victor Valdes adalah produk akademi La Masia dan menjadi kiper Barcaelona pada akhir 2000-an dan awal 2010-an. Dia memenangkan tiga Liga Champions dan lima gelar La Liga bersama mereka. Valdes memainkan 535 pertandingan untuk mereka dalam 12 musim.

Valdes adalah kiper yang bagus dan mampu memastikan Barcelona tidak kebobolan banyak gol. Kedatangan Claudio Bravo memaksanya untuk meninggalkan klub pada 2014 dan bergabung dengan Manchester United.

Namun, Valdes hanya bermain dalam dua pertandingan untuk MU dan hanya menjadi penghangat bangku cadangan selama di Old Trafford. Dia meninggalkan United pada tahun 2016.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓