9 Catatan Seusai Barcelona Menggebuk Manchester United: Rekor Lionel Messi dan Keterpurukan Tim Tamu

Oleh Nurfahmi Budi pada 17 Apr 2019, 09:25 WIB
Barcelona Vs Manchester United

Bola.com, Jakarta - Barcelona menyempurnakan dominasi mereka atas Manchester United pada perempat final Liga Champions 2018-2019. Hal tersebut terjadi setelah Barcelona menang 3-0 atas wakil Inggris tersebut, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB.

Tiga gol Barcelona tercipta melalui Lionel Messi (16', 20') dan Philippe Coutinho (61'). Walhasil, Barcelona unggul agregat dengan skor 4-0, sekaligus menegaskan kesempurnaan mereka atas raksasa Premier League tersebut.

"Kami sangat bergairah dan menyenangkan, apalagi berhasil melangkah ke semifinal lagi. Sekarang, kami ingin ke final, dan seluruh komponen sangat percaya diri," tegas Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Berikut ini beberapa catatan setelah laga Barcelona kontra Manchester United:

 

2 of 2

Fakta-Fakta di Camp Nou

Barcelona Vs Manchester United
Gelandang Manchester United, Paul Pogba, menyundul bola saat melawan Barcelona pada laga Liga Champions 2019 di Stadion Camp Nou, Selasa (16/4). Barcelona menang 3-0 atas Manchester United. (AP/Joan Monfort)

1. Barcelona merasakan kembali zona semifinal Liga Champions sejak 2014-2015.

2. Manchester United tujuh kali tersingkir di fase perempat final Liga Champions, sekaligus terbanyak dibanding tim lain.

3. Lionel Messi kembali mencetak gol di perempat final Liga Champions setelah kali terakhir melakukan itu pada April 2013 ke gawang PSG. Hal tersebut menghentikan catatan mandul pada 12 pertandingan, dan 50 tembakan ke gawang tanpa bisa mencetak skor di fase 8 besar.

4. Kekalahan dari Barcelona dengan skor 0-4 menjadi yang terbesar sepanjang sejarah partisipas Manchester Unite di zona Eropa dengan sistem dua pertemuan.

5. Manchester United merasakan empat kekalahan beruntun pada laga away di seluruh kompetisi untuk kali pertama sejak Oktober 1999.

6. Lionel Messi telah mencetak 45 gol di seluruh kompetisi bagi Barcelona sepanjang musim ini. Koleksi tersebut 10 gol lebih banyak dari para pemain di lima liga top Eropa.

7. Manchester United sudah merasakan lima kekalahan di pentas Liga Champions musim ini. Hasil tersebut menyamai catatan buruk pada 1996-1997.

8. Tim asal Spanyol hanya sekali kalah dari 24 laga knock-out terakhir di pentas Liga Champions kontra tim asal Inggris, dengan rincian 16 menang, 7 seri dan sekali takluk. Kemenangan terakhir klub asal Inggris terjadi ketika Leicester City unggul 2-0 atas Sevilla pada Maret 2017.

9. Lionel Messi mencetak 24 gol ke gawang tim-tim asal Inggris pada pentas Liga Champions.

Sumber: BBC, Opta

Lanjutkan Membaca ↓