Ponten Pemain Barcelona Setelah Depak Manchester United

Oleh Rizki Hidayat pada 17 Apr 2019, 15:15 WIB
Barcelona Vs Manchester United

Bola.com, Barcelona - Barcelona menang 3-0 atas Manchester United pada laga leg kedua perempat final Liga Champions, di Camp Nou, Selasa (16/4/2019). Hasil ini membuat Barca lolos ke semifinal.

Tampil di hadapan pendukung sendiri, Blaugrana bermain dominan sejak bola digulirkan. Berdasarkan statistik di situs resmi UEFA, Barcelona mencatatkan 63 persen penguasaan bola berbanding 37 persen milik MU.

Selain itu, Barca juga melepaskan 13 tembakan yang enam di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, The Red Devils mencatatkan sembilan sepakan dan hanya tiga yang tepat sasaran.

Tampil menekan, Barcelona meraih kemenangan tiga gol tanpa balas atas Manchester United. Tiga gol skuat Catalan disarangkan Lionel Messi menit ke-16 dan 20', serta Philippe Coutinho menit ke-61.

El Barca pun berhak meraih satu tiket ke semifinal dengan agregat 4-0. Pada pertemuan pertama yang berlangsung di markas MU, Old Trafford, 10 April 2019, Barcelona menang 1-0.

"Kami sangat gembira dengan hasil ini. Sudah beberapa musim kami tak menembus semifinal Liga Champions. Sekarang, kami sudah bisa berharap untuk tampil pada laga final," ujar pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Selain menguasai jalannya pertandingan, mayoritas pemain Barcelona juga tampil apik. Bahkan, beberapa di antaranya nyaris mendekati nilai sempurna.

Berikut ini adalah ponten pemain Barcelona seperti dilansir The Guardian:

 

2 of 4

Belakang:

Barcelona Vs Manchester United
Bek Barcelona, Jordi Alba, berebut bola dengan pemain Manchester United, Diogo Dalot, pada laga Liga Champions 2019 di Stadion Camp Nou, Selasa (16/4). Barcelona menang 3-0 atas Manchester United. (AP/Manu Fernandez)

Marc-Andre ter Stegen - 7

Kiper timnas Jerman ini bermain apik sejak menit awal. Sejumlah penyelamatan mampu dilakukan oleh Ter Stegen, satu di antaranya adalah menggagalkan bola hasil sepakan Alexis Sanchez pada menit ke-89.

Sergi Roberto - 6

Menempati pos di sisi kanan pertahanan, Roberto menjaga lini belakang dan membantu serangan dengan baik. Dia berhasil mematikan pergerakan Anthony Martial yang menghuni lini depan MU.

Gerard Pique - 7

Bek asal Spanyol ini memimpin jantung pertahanan Barcelona dengan apik. Dia pun mampu mematahkan serangan The Red Devils yang dibangun Paul Pogba, Scott McTominay, dan Jesse Lingard.

Clement Lenglet - 6

Pemain 23 tahun tersebut tampil tak terlalu meyakinkan. Beberapa kali dia kerepotan menghentikan laju Marcus Rashford. Meski begitu, Lenglet sempat mencatatkan intersep yang cukup baik.

Jordi Alba - 9

Pemain timnas Spanyol tersebut merupakan pilar penting Barcelona di sisi kiri. Alba membantu Lionel Messi dan Philippe Coutinho dalam merepotkan barisan belakang The Red Devils. Dia menjadi kreator gol Coutinho menit ke-61. 

3 of 4

Tengah:

Barcelona Vs Manchester United
Gelandang Manchester United, Paul Pogba, menyundul bola saat melawan Barcelona pada laga Liga Champions 2019 di Stadion Camp Nou, Selasa (16/4). Barcelona menang 3-0 atas Manchester United. (AP/Joan Monfort)

Ivan Rakitic - 7

Pemain timnas Kroasia tersebut menjadi motor serangan Barcelona di lini tengah. Akurasi umpan Rakitic dalam pertandingan ini mencapai angka 94 persen.

Sergio Busquets - 9

Peran Busquets dalam penyeimbang di sektor tengah Barcelona tak tergantikan. Dia pun mampu mengungguli Jesse Lingard dan Paul Pogba dalam menguasai lini tengah.

Arthur - 7

Pemain 22 itu tak kesulitan untuk beradaptasi dengan gaya bermain Barcelona. Sama seperti Ivan Rakitic, akurasi umpan Arthur juga mencapai 94 persen.

4 of 4

Depan:

Barcelona Vs Manchester United
Striker Barcelona, Lionel Messi, melakukan tendangan salto saat melawan Manchester United pada laga Liga Champions 2019 di Stadion Camp Nou, Selasa (16/4). Barcelona menang 3-0 atas Manchester United. (AP/Joan Monfort)

Lionel Messi - 9

Peran La Pulga di Barcelona tak tergantikan. Lionel Messi berhasil melepaskan tujuh tembakan yang dua di antaranya berbuah menjadi gol.

Luis Suarez - 6

Performa penyerang timnas Uruguay ini kurang meyakinkan. Mendapat pengawalan ketat dari Phil Jones membuat Suarez tak berkutik. Bahkan, dia hanya melepaskan satu tembakan melenceng sepanjang laga.

Philippe Coutinho - 8

Kerap dikabarkan bakal pergi dari Barcelona tidak memengaruhi performa sang pemain. Coutinho berhasil menyumbangkan satu gol buat Barca pada menit ke-61, setelah memanfaatkan umpan dari Jordi Alba.

Pemain pengganti:

Nelson Semedo - 6 (menggantikan Sergi Roberto pada menit ke-71), Arturo Vidal - 6 (menggantikan Arthur menit ke-75), Ousmane Dembele - 6 (menggantikan Philippe Coutinho.

Sumber: The Guardian

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Lanjutkan Membaca ↓