Sukses


Semifinal Liga Champions: Liverpool dan Tottenham Hotspur Membuat Bahagia Premiership

Bola.com, Jakarta - Nuansa bahagia sedang menyapa publik sepak bola Inggris, terutama para penggemar Premier League. Dua wakil mereka, Liverpool dan Tottenham Hotspur, berhasil menempatkan diri di zona semifinal Liga Champions 2018-2019.

Sebenarnya, suasana bahagia bakal lebih terasa lagi jika tak hanya terindikasi dari performa di pentas Liga Champions. Pada perhelatan turnamen kasta kedua di Eropa, Liga Europa, wakil Inggris juga punya peluang ke babak semifinal.

Dua tim tersebut adalah Arsenal dan Chelsea. Artinya, keberadaan Liverpool, Tottenham Hotspur, Arsenal dan Chelsea, bisa merepresentasikan kekuatan Premiership musim ini.

Apalagi kans terjadi final sesama tim asal Inggris pada dua turnamen tersebut terbuka lebar. Maklum, andai lolos ke babak semifinal Liga Europa, Arsenal dan Chelsea tak akan bertemu.

Pada pentas Liga Champions, kans terjadi all english final, juga terbuka. Hal itu terjadi setelah Liverpool dan Tottenham Hotspur tak saling jegal pada babak semifinal.

Tottenham Hotspur akan bersua sesama tim kejutan, Ajax Amsterdam. Sementara itu, Liverpool akan berjibaku kontra tim raksasa lainnya, Barcelona. Pertandingan tersebut sama-sama menggambarkan kerja keras yang harus dilakukan dua tim asal Inggris.

 

2 dari 2 halaman

Kans Sama

"Semua tim memiliki kesempatan yang sama, apalagi jika melihat kekuatan serta performa mereka. Semifinal ini sangat merata serta seimbang, jadi tak mudah menebak siapa yang ke final. Namun saya berharap Liverpool dan Spurs berada di Wanda Metropolitano," tulis Martin Keown, Analis BBC. Wanda Metropolitano adalah markas Atletico Madrid, yang menjadi venue final Liga Champions musim ini.

Secara khusus, momen empat besar musim ini terasa istimewa bagi Inggris, dan membuat mereka tersenyum. Maklum, dua tim yang berada di babak empat besar menjadi yang pertama terjadi setelah 2008-2009.

Pada periode tersebut, Inggris pernah memiliki tiga wakil di semifinal, yakni Chelsea, Arsenal dan Manchester United. Satu tim lain yang menggenapi peserta empat besar adalah Barcelona.

Selain itu, keberhasilan Tottenham Hotspur melewati adangan Manchester City, membuat Inggris punya daftar tujuh tim berbeda yang berhasil berada di zona semfinal sejak era baru Liga Champions. Selain Spurs, enam tim lain adalah Arsenal, Chelsea, Leeds United, Liverpool, Manchester City dan Manchester United.

Sumber: BBC, Opta

Video Populer

Foto Populer