Cristiano Ronaldo dan 4 Pemain yang Sukses Meraih Gelar Juara Lebih dari Satu Liga

Oleh Ario Yosia pada 23 Apr 2019, 10:30 WIB
Selebrasi Ronaldo Juara Seria A

Bola.com, Jakarta - Juventus akhirnya keluar sebagai kampiun Serie A pada musim 2018-2019. Kepastian itu didapat setelah mereka mengalahkan Fiorentina 2-1 di Allianz Stadium, Sabtu (20/4/2019).

Ini merupakan gelar juara kedelapan Juventus di Serie A secara beruntun. Sejak musim 2011/12, Si Nyonya Tua selalu berhasil menjadi juara.

Kesuksesan Juventus menjadi juara liga itu juga tidak terlepas dari kontribusi Cristiano Ronaldo. Bintang Portugal itu mampu mencetak 19 gol di Serie A musim ini.

Selain itu, Ronaldo juga mencatatkan rekor baru setelah mengantarkan Juventus meraih juara. Ia menjadi pemain pertama yang berhasil menjuarai tiga liga elit dunia.

Selain Cristiano Ronaldo, ternyata ada pemain lainnya yang juga sukses menjadi juara liga di beberapa negara berbeda. Mereka memang punya kemampuan yang hebat untuk menaklukkan sejumlah liga di Eropa.

Berikut ini lima pemain yang berhasil menjuarai liga di beberapa negara yang berbeda seperti dilansir Ronaldo.com.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 6

Ruud van Nistelrooy (Belanda, Inggris dan Spanyol)

Wayne Rooney
Wayne Rooney memberi selamat kepada Ruud van Nistelrooy saat membantu Manchester United (MU) mengakhiri laju tidak terkalahkan Arsenal. (AFP/Magi Haroun)

Striker Belanda ini memiliki karier yang sangat produktif di sepakbola Eropa di level klub. Ia pernah bermain di Belanda, Inggris, Spanyol, dan Jerman.

Selama kariernya, Van Nistelrooy memenangkan Eredivisie bersama PSV Eindhoven, Premier League bersama Manchester United, dan La Liga bersama Real Madrid.

Selama awal kariernya di Belanda, sang striker memenangkan gelar Eredivisie pada 1999-00 dan 2000-01. Dia juga memenangkan gelar Premier League 2002-03 dengan Manchester United.

3 of 6

Michael Laudrup (Italia, Spanyol dan Belanda)

Real Madrid
Michael Laudrup, pemain asal Denmark ini memakai jersey nomor 10 pada musim 1995-1996. (Bola.com/Istimewa)

Playmaker Denmark ini mempunyai karier yang sangat sukses di seluruh Eropa. Dia memulai kesuksesannya ketika bermain di Italia bersama Juventus dan memenangkan Serie A pada musim 1985-86.

Johan Cruyff mendatangkan Laudrup ke Barcelona pada tahun 1989 dan ia memulai kesuksesan bersejarah dengan klub Catalan. Ia memenangkan empat gelar La Liga berturut-turut di sana.

Laudrup melakukan transfer kontroversial dari Barcelona ke Real Madrid dan memenangkan La Liga pada tahun pertamanya bersama Los Blancos.

Selama tahun-tahun terakhirnya sebagai pemain sepak bola profesional, Laudrup sempat memenangkan gelar Eredivisie. Ia ketika itu bermain untuk Ajax sebelum pensiun.

4 of 6

Arjen Robben (Belanda, Inggris, Spanyol dan Jerman)

Borussia Dortmund, Bayern Munchen, Bundesliga
Pemain Bayern, Arjen Robben (tengah) menahan bola saat mengecoh para pemain Dortmund pada lanjutan Bundesliga di Signal Iduna Park, Dortmund, (4/11/2017). Bayern menang 3-1. (AP/Martin Meissner)

Setelah melakukan debutnya di Eredivisie bersama Groningen, karier Arjen Robben berjalan mulus.

Legenda Belanda itu hanya bermain di empat klub yang berbeda dalam sepanjang karirnya. Namun, Robben sukses di setiap negara yang ia singgahi.

Setelah memenangkan Eredivisie dengan PSV Eindhoven, Robben pindah ke Chelsea. Ia memenangkan dua gelar Premier League berturut-turut.

Dia pindah ke Real Madrid dan memenangkan La Liga 2007-08 dengan Los Blancos sebelum pindah ke Bayern Munchen.

Robben menghabiskan sisa karirnya dengan raksasa Jerman tersebut. Ia sudah memenangkan tujuh gelar Bundesliga di Allianz Arena sejak saat itu.

5 of 6

Zlatan Ibrahimovic (Belanda, Italia, Spanyol dan Prancis)

Zlatan Ibrahimovic
Striker LA Galaxy, Zlatan Ibrahimovic, merayakan gol ke gawang Los Angeles FC pada laga Major League Soccer, di StabHub Center, Carson, Sabtu (31/3/2018). (AP Photo/Jae C. Hong)

Striker Swedia ini merupakan pemain yang cukup sukses di sepakbola Eropa. Ia sudah memenangkan total 13 trofi.

Ibrahimovic memulai kesuksesannya di Belanda. Ia memenangkan dua gelar Eredivisie bersama Ajax di sana.

Dia pindah ke Juventus dan memenangkan dua gelar Serie A pertamanya. Namun, gelar itu dicabut setelah Bianconeri terlibat skandal pengaturan skor pada 2006.

Ibrahimovic kemudian memutuskan untuk melanjutkan kariernya di Inter Milan. Ia memenangkan tiga trofi berturut-turut di sana.

Setelah dari Inter, Ibrahimovic mencoba peruntungannya di sepakbola Spanyol. Ia memenangkan La Liga 2009-10 bersama Barcelona.

Setelah kurang begitu sukses di klub Catalan, Ibrahimovic pindah ke AC Milan. Ia memenangkan satu gelar Serie A lagi.

Ibrahimovic kemudian pindah ke PSG dan memenangkan empat gelar Ligue 1 sebelum mengakhiri rentetan impresifnya itu.

6 of 6

Cristiano Ronaldo (Inggris, Spanyol dan Italia)

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo berhasil membawa Juventus merengkuh trofi Serie A musim ini. (AFP/Marco Bertorello)

Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang berhasil menjuarai tiga liga top Eropa. Yakni Premier League, La Liga dan Serie A.

Penyerang Portugal itu memulai petualangannya yang menakjubkan di Manchester United. Ia memenangkan tiga gelar Premier League di Old Trafford.

Ronaldo pindah ke Real Madrid pada tahun 2009. Namun, ia hanya memenangkan dua gelar La Liga bersama Los Blancos selama 9 tahun di Santiago Bernabeu.

Dan Ronaldo baru saja memenangkan gelar Serie A bersama Juventus setelah mengalahkan Fiorentina 2-1. Ronaldo pasti bisa memenangkan gelar Serie A apabila ia memutuskan tetap bertahan di Juventus.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓