Laga Emosional 4 Penggawa Tottenham Hotspur

Oleh Aditya Wicaksono pada 30 Apr 2019, 17:30 WIB
Christian Eriksen, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld

Bola.com, London - Tottenham Hotspur akan menghadapi Ajax pada laga semifinal Liga Champions. Laga tersebut akan menjadi laga yang emosional karena ada empat mantan bintang Ajax yang bermain untuk The Lilywhites.

Christian Eriksen, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, dan Davinson Sanchez merupakan empat pemain yang pernah membela Ajax. Tak dimungkiri, Ajax adalah klub pertama tempat mereka merajut karier profesional di dunia sepak bola.

Namun, empat pemain tersebut harus menerima konsekuensi sebagai pesepak bola profesional. Ketika klubnya yang sekarang bertemu dengan mantan klubnya, empat pemain tersebut harus melupakan sejenak kenangan dan rasa cinta kepada Ajax.

"Laga melawan Ajax adalah laga yang spesial. Saya tak sabar untuk terlibat pada pertandingan tersebut," ujar Vertonghen.

Rasa emosional yang ditunjukkan Ajax bisa dipahami, karena ia pernah menjabat sebagai kapten Ajax. Vertonghen sempat mengatakan kalau ia tidak mengira Tottenham bisa bertemu dengan Ajax.

Lain Jan, lain Eriksen. Pemain asal Denmark itu lebih fokus membahas Frenkie de Jong. Gelandang muda tersebut sering disebut sebagai suksesor de Eriksen di Ajax.

"Frenkie de Jong belum memiliki banyak pengalaman bermain di level tertinggi. Namun, saya mengapresiasi pencapaiannya bersama Ajax pada musim ini. Mereka luar biasa," ungkap Eriksen.

Dua pemain lainnya, yaitu Davinson Sanchez dan Toby Alderweireld, sudah bersiap untuk menghadapi mantan timnnya. Sanchez yang merupakan anggota Ajax saat kalah dari Manchester United pada laga final Liga Europa 2017, siap untuk melanjutkan kejutan bersama Tottenham Hotspur.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 5

Jan Vertonghen

Jan Vertonghen
Jan Vertonghen. (AFP/John Macdougall)

Jan Vertonghen bergabung ke akademi Ajax pada 2003. Ia bisa promosi ke skuat utama pada 2006, lalu menjalani masa peminjaman di RKC Waalwijk selama satu musim.

Setelah musim itu, Vertonghen membela Ajax hingga 2012 dan kemudian pindah ke Tottenham Hotspur.

Vertonghen menjadi kapten Ajax pada 2011. Ia mempersembahkan dua gelar Eredivisie dan dua trofi Piala KNVB.

3 of 5

Christian Eriksen

Gol Tunggal Eriksen Bawa Tottenham Hotspur Kalahkan Inter Milan
Christian Eriksen. (AFP/Ben Stansall)

Christian Eriksen bergabung bersama akademi Ajax pada 2008. Ia menembus skuat utama Ajax pada 2010.

Ia menjadi andalan di lini tengah dan telah menjadi satu di antara gelandang terbaik dunia pada saat ini. Eriksen mempersembahkan tiga gelar Eredivisie untuk KNVB dan satu gelar Piala KNVB.

Eriksen hengkang ke Tottenham Hotspur pada 2013, setelah ditebus dengan harga 11 juta pound.

4 of 5

Toby Alderweireld

Pemain yang Diprediksi akan Berpindah Klub di Bulan Januari
Toby Alderweireld. (AFP/Roland Harrison)

Toby Alderweireld bergabung dengan akademi Ajax pada 2004. Ia naik kelas ke skuat utama pada 2008.

Alderweireld sempat menjadi duet Jan Vertonghen di lini pertahanan Ajax. Pemain asal Belgia itu mempersembahkan tiga gelar Eredivisie dan satu gelar Piala KNVB.

Alderweireld hijrah ke Atletico Madrid pada 2013 dan bertahan di klub tersebut hingga 2015. Setelah sempat menjalani masa peminjaman di Southampton selama satu musim, Alderweireld hijrah ke Tottenham Hotspur pada 2015.

5 of 5

Davinson Sanchez

Davinson Sanchez
Davinson Sanchez. (AFP/Olly Greenwood)

Berbeda dengan empat rekannya, Davinson Sanchez bukanlah hasil didikan Ajax. Ia direkrut Ajax dari Atletico Nacional pada 2016.

Pemain asal Kolombia itu bermain di Ajax hanya selama satu musim. Namun, ia berhasil meraih penghargaan sebagai pemain terbaik klub pada musim tersebut.

Hal itu yang membuat Tottenham Hotspur merekrutnya pada musim panas 2017.

Lanjutkan Membaca ↓