5 Fakta Kesaktian Kaki Kiri Lionel Messi Saat Bersama Barcelona

Oleh Nurfahmi Budi pada 02 Mei 2019, 17:30 WIB
Barcelona Vs Liverpool

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi menjadi pusat perbincangan publik sepak bola dunia. Perkaranya sederhana, yakni dua gol ke gawang Liverpool, pada Leg 1 Babak Semifinal Liga Champions 2018-2019, di Estadio Camp Nou, dini hari tadi WIB.

Satu di antara dua gol Lionel Messi memantik kekaguman banyak orang tentang kekuatan kaki kiri ikon Barcelona tersebut. Faktanya, sepanjang karier Lionel Messi bersama Barcelona, kaki kiri pesepak bola berusia 31 tahun tersebut, menjadi senjata utama.

Menjadi sosok yang begitu kuat dengan tendangan kaki kirinya, membuat Lionel Messi digadang-gadangkan sebagai penyerang Barcelona dengan serangan kaki kiri terbaik. Menariknya, kehebatan kaki kiri Messi menjadi tantangan tersendiri bagi para lawannya.

Tak heran jika setiap kali beraksi, sang penjaga Lionel Messi selalu berusaha mencegah aksi si kaki kiri. Apalagi jika sudah mulai mencari celah menembak, lawan bakal semakin waspada. Berikut ini beberapa fakta terkait kaki kiri Lionel Messi sepanjang berkostum Barcelona.

 

2 of 4

Korban dan Koleksi Gol

Penyerang Barcelona, Lionel Messi.
Penyerang Barcelona, Lionel Messi, meraih trofi Sepatu Emas Eropa yang kelima pada Selasa (18/12/2018). (AFP/Lluis Gene)

1. Empat Klub Inggris Jadi Korban

Pada setiap pertandingan, kehadiran Lionel Messi di lapangan hijau tak bisa dianggap remeh. Ia memiliki kekuatan super yang terletak di kaki kirinya.

Total, ada empat klub yang menjadi korban sang megabintang. Daftar tersebut berisi Chelsea, Manchester United, Manchester City, dan Arsenal.

2. Koleksi 25 gol, dan 21 Gol Lewat Kaki Kiri.

Pada musim 2018-2019, Lionel Messi berhasil menjadi top skorer La Liga Spanyol dengan koleksi 25 gol. Hebatnya, kaki kiri Sang Messiah sanggup menceploskan 21 gol, dan empat gol via kaki kanan.

Dalam catatan sejarah, performa Messi menjadi pencapaian yang sangat luar biasa. Hal itu sekaligus membuktikan kemampuan super ketika menguasai lapangan.

 

3 of 4

Sasaran Tekel

Lionel Messi
Lionel Messi saat laga Barcelona vs Liverpool dalam laga leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou, Kamis dini hari WIB (2/5/2019). (AFP/Javier Soriano)

3. Sasaran Tekel Lawan

Kaki kiri Lionel Messi menyedot perhatian pemain lain, terutama dari kubu lawan. Kemampuan hebat yang tersimpan di kaki kiri Lionel Messi menjadi ancaman bagi musuh, dan sudah pasti ingin secepat mungkin melumpuhkannya.

Beberapa contoh pertandingan sudah menjadi bukti. Misalnya kala Barcelona melawan Real Madrid dalam partai Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (2/3/2019). Pertandingan tersebut dimenangi oleh Barcelona. Namun ada momen yang sempat diabadikan oleh kamera ketika Carvajal mencoba merebut bola dari kaki Messi, Carvajal diketahui menandang kaki kiri Messi.

4. Tim Inggris Kebobolan 13 Gol

Dalam pertandingan semifinal Liga Champions, Rabu (2/5), Lionel Messi berhasil membobol gawang Liverpool. Namun ini bukan kali pertama dirinya menghadapi tim dari Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Sebelumnya, ia juga melakukan hal yang sama. Total 15 gol dicetak Messi ketika menghadapi tim Inggris, 13 di antaranya menggunakan kaki kiri.

 

4 of 4

Gol Domestik Musim Ini

Dua Gol Lionel Messi Antar Barcelona Taklukan Liverpool
Gelandang Liverpool, Mohamed Salah saat melewati Jordi Alba pada leg 1, babak semifinal Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis (2/5). Barcelona menang 3-0 atas Liverpool. (AFP/

5. Cetak 28 dari 34 Gol di Spanyol Musim Ini

Catatan statistik Lionel Messi sepanjang musim ini adalah mencetak 34 gol, 28 di antaranya dilakukan kaki kirinya. Ketajaman tersebut bakal terus menambah daftar statistik 'keajaiban' kaki kirinya.

Lionel Messi masi mungkin bermain dalam beberapa laga terakhir di pentas La Liga. Selain itu, ia juga masih punya kesempatan maksimal dua kali di panggung Liga Champions.

Sumber: Brilio

Lanjutkan Membaca ↓