5 Sisi Menarik Frenkie de Jong, Wonderkid Ajax yang Musim Depan Bergabung ke Barcelona

Oleh Liputan6.com pada 03 Mei 2019, 17:00 WIB
Pesepakbola muda

Jakarta - Frenkie de Jong sukses membawa Ajax Amsterdam berhasil mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 di laga pertama semifinal Liga Champions, di kandang lawan, Stadion Tottenham, Selasa (2/5).

Gol kemenangan Ajax memang dicetak oleh Donny van de Beek pada menit 15. Gol itu tercipta dari assist Hakim Ziyech. Namun, sosok yang paling dinilai sentral dalam laga pertandingan tim Ajax Amsterdam adalah Frankie De Jong.

Frenkie De Jong dinilai sebagai gelandang muda potensial dan sangat berpengaruh dalam cara permainannya. Sudah banyak pelatih dan pemain-pemain senior yang mengomentari performa apik Frenkie de Jong sebagai gelandang cerdas yang mampu mengatur ritme permainan tim.

Kecepatan, kekuatan, visi, olah bola baik hingga penempatan posisi yang tepat membuat Frenkie de Jong adalah gambaran gelandang komplit yang dibutuhkan sepakbola modern dewasa ini. Ia pintar membawa gaya main lawan, tau apa yang harus dilakukan baik dengan bola maupun pergerakan tanpa bola.

Berikut lima fakta menarik Frankie de Jong bintang muda Ajax yang pindah ke Barcelona musim depan, Kamis (5/2/2019).

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 6

Gelandang Muda Modern

Juventus vs Ajax
Pemain Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong (kanan) (AP/Peter Dejong)

Pemain kelahiran Arkel, 12 Mei 1997, merupakan jelmaan dari gelandang tengah modern masa kini. Pemain berpaspor Belanda ini tipikal seorang pemain belakang pencipta ruang yang bahkan diakui langsung oleh Xavi Hernandez, eks gelandang Barcelona yang dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik dunia.

Ia bukan sepenuhnya jebolan akademi Ajax, ia bergabung dengan Willem II dari usia yang sangat belia dan baru pindah ke De Toekomst pada tahun 2015 lalu. Meskipun ia adalah seorang gelandang murni, pelatih Ajax musim ini Erik ten Hag telah secara intuitif menempatkannya dia di jantung pertahanan.

 

3 of 6

Punya Passing Akurat

Frenkie de Jong
Frenkie de Jong setelah menyingkirkan Real Madrid dari Liga Champions 2018-2019. (AFP/Gabriel Bouys)

Pemain bertinggi badan 180 cm tersebut dikenal sangat lincah dan sangat kuat menguasi bola. Walau tidak memiliki tubuh kekar, bola akan sulit direbut dari kakinya.

Tidak hanya penguasaan bola di atas rata rata, Frenkie De Jong juga dikenal sebagai pemain yang memiliki akurasi passing yang sangat akurat dan kemampuan membaca permainan serta tekel-tekel yang sangat mumpuni.

 

4 of 6

Ke Barcelona Mulai 1 Juli 2019

Frenkie de Jong
Frenkie de Jong resmi gabung dengan Barcelona (ANGELOS TZORTZINIS / AFP)

Raksasa La Liga, Barcelona akhirnya menjadi pemenang dalam perburuan gelandang muda Frenkie de Jong setelah mereka resmi mengumumkan kesepakatan transfer dengan pemain Ajax Amsterdam tersebut. Lewat laman resmi mereka, Barcelona menyatakan bahwa de Jong baru akan bergabung dengan tim Catalan tersebut mulai musim panas mendatang, tepatnya mulai 1 Juli 2019.

Barca menggaet De Jong dengan biaya mencapai 75 juta euro plus 11 juta euro dalam bentuk bonus. Gelandang 21 tahun itu mendapat kontrak selama lima tahun atau hingga musim panas 2024 mendatang. Artinya, Frankie De Jong siap bertandem dengan Messi yang juga merupakan salah satu idolanya.

5 of 6

Tak Yakin Masuk Tim Inti Barcelona

Melihat Latihan Pemain Juventus dan Ajax Jelang Bertanding
Gelandang Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong menggiring bola selama latihan tim di Allianz Stadium, Turin Italia (15/4). Pada leg pertama babak perempatfinal Liga Champions Juventus dan Ajax bermain imbang 1-1 di Amsterdam. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Menariknya, Frenkie de Jong merasa tak yakin bisa menembus skuat utama Barcelona pada musim perdananya membela klub tersebut. Ia mengaku siap untuk menanti kesempatan untuk bisa menjadi bagian penting dari Blaugrana.Lini tengah Barcelona disesaki dengan para pemain kelas dunia, mulai dari Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Arturo Vidal, hingga Arthur Melo.

Namun, hal itu yang membuat de Jong tak terlalu berharap bakal langsung mendapat kesempatan bermain reguler di skuat Ernesto Valverde musim depan. "Saya tidak berharap langsung menjadi pemain inti di Barcelona," ujar de Jong.

6 of 6

Calon Gelandang Terbaik Dunia

Gelandang Ajax Amsterdam, Frenkie De Jong.
Gelandang muda Ajax Amsterdam, Frenkie De Jong. (AFP/GABRIEL BOUYS)

Posisi ideal Frenkie De Jong adalah gelandang tengah. Secara umum pun zona permainan Frenkie De Jong berada di zona tengah lapangan dengan posisi inti gelandang, namun Frenkie De Jong juga mahir berposisi sebagai bek tengah yang cerdas dan hebat. Bahkan ada yang menyebutnya bakal sanggup menggantikan Andres Iniesta di skuat Barcelona.

Gelandang Liverpool Georginio Wijnaldum memuji skill Frenkie De Jong dan menyebut kehadirannya membuat permainan timnas Belanda jadi lebih baik. Ia juga menyebut Frenkie De Jong membuat Belanda tampil lebih baik. Sebab ia mampu menjadi jembatan yang sangat baik antara lini tengah dan belakang.

Wijnaldum kemudian menyebut Frenkie De Jong sebagai sosok pemain yang sangat spesial. Ia juga menyebut Belanda dan Ajax bak mendapat berkah karena diperkuat pemain sehebat anak muda tersebut. Tak ayal banyak yang beranggapan bahwa Frenkie De Jong merupakan calon terkuat gelandang terbaik dunia.

Lanjutkan Membaca ↓