5 Bintang Top Ini Pernah Membela Liverpool Sekaligus Barcelona

Oleh Liputan6.com pada 07 Mei 2019, 17:40 WIB
Barcelona

Jakarta - Liverpool akan menjamu Barcelona pada leg kedua semifinal Liga Champions di Anfield, Rabu (08/4) dini hari WIB. The Reds jelas ingin membalikkan keadaan dalam pertandingan tersebut.

Liverpool takluk dengan skor 0-3 saat berkunjung ke markas Barcelona pekan lalu. Hasil itu membuat Barcelona menginjakkan satu kaki mereka menuju partai puncak.

Untuk bisa lolos, Liverpool harus bisa menang dengan selisih 4 gol atas Barcelona. Namun, usaha pasukan Jurgen Klopp itu dipastikan tidak akan mudah.

Barcelona tentu saja tidak mau menyerah begitu saja ketika bertamu ke markas Liverpool. Lionel Messi siap menjadi mimpi buruk lagi buat Jordan Henderson dan kolega.

Di balik laga panas tersebut ternyata ada beberapa pemain yang pernah bermain untuk kedua tim tersebut dalam sepanjang kariernya. Berikut ini lima di antaranya seperti dilansir Sportskeeda.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 6

Pepe Reina

img_reina-080211.jpg
Pepe Reina ketika masih berkostum Liverpool. (AFP PHOTO/PAUL ELLIS)

Kiper Spanyol ini menghabiskan dua tahun dengan Blaugrana sebelum pergi pada tahun 2002. Reina mulai kariernya di tim Barcelona C sebelum akhirnya menembus ke tim utama.

Pemain Spanyol itu pertama kali dipanggil untuk tim utama Barcelona ketika dia baru berusia 18 tahun. Reina membuat 30 penampilan di La Liga untuk raksasa Catalan sebelum pindah ke Villareal.

Reina direkrut dari Villareal pada 2005 dan pemain Spanyol itu dengan cepat mengokohkan tempatnya sebagai starter di Liverpool. Di Anfield itulah Reina meraih kesuksesan.

Pemain Spanyol itu membuktikan dirinya sebagai salah satu yang terbaik di dunia dengan Liverpool dalam delapan tahun dia habiskan bersama klub.

Reina adalah favorit penggemar dan terus membuat lebih dari 300 penampilan untuk klub. Reina sempat dipinjamkan ke Napoli pada musim 2013/14 sebelum akhirnya dijual ke Bayern Munchen pada musim depannya.

3 of 6

Luis Garcia

Pemain Liverpool dan Barcelona, Luis García
Pada 2003-2004 Luis Garcia tampil bersama Barcelona dan mencetak empat gol, Luis Garcia kemudian direkrut Liverpool pada tahun 2004-2007 dengan torehan 18 gol. (AFP/Lluis Gene)

Seperti Pepe Reina, Luis Garcia datang dari tim junior Barcelona dan merupakan produk La Masia. Pemain Spanyol itu memulai kariernya di Barcelona B tetapi sering dipinjamkan ke klub lain. Garcia pindah ke Atletico Madrid tetapi kembali ke klub pada tahun 2003.

Setelah kembali ke Camp Nou, Garcia kesulitan mendapatkan tempat di Barcelona dan tidak pernah menjadi pemain reguler. Playmaker asal Spanyol itu dijual ke Liverpool pada 2004.

Garcia menghabiskan tiga musim bersama Liverpool tetapi dengan cepat menjadi pemain favorit penggemar karena perannya dalam kemenangan Liga Champions pada 2005. Garcia mencetak 30 gol dalam lebih dari 121 penampilan untuk Liverpool sebelum kembali ke Atletico Madrid pada 2007.

4 of 6

Javier Mascherano

Pemain Liverpool dan Barcelona, Javier Mascherano
Javier Mascherano menjadi bagian dari skuat Liverpool pada 2007-2010, Pada musim 2010 Mascherano memilih bergabung dengan Barcelona. (AFP/Andrew Yates)

Javier Mascherano pindah ke Liverpool dari West Ham pada 2007. Gelandang bertahan itu membentuk duet yang tangguh dengan Xabi Alonso di lini tengah Liverpool.

Pemain Argentina itu dengan cepat menjadi starter di musim pertamanya di Anfield di bawah asuhan Rafa Benitez. Mascherano memainkan peran penting dalam membawa Liverpool ke final Liga Champions meski pada akhirnya kalah dari AC Milan.

Setelah tiga tahun bermain di Anfield, Mascherano pindah ke Barcelona dengan biaya sekitar 17 juta euro. Mascherano awalnya kesulitan di sana tetapi kemudian dimainkan sebagai bek tengah di samping Gerard Pique pada musim keduanya dengan raksasa Catalan. Pemain Argentina itu membuat lebih dari 200 penampilan untuk Blaugrana selama tujuh setengah tahun di klub.

5 of 6

Philippe Coutinho

Tujuh Gol Tercipta kontra Sevilla, Barcelona Lolos ke Semifinal Copa Del Rey
Phillippe Coutinho meninggalkan Liverpool untuk bergabung dengan Barcelona pada Januari 2018. (AFP/Luis Gene)

Setelah kurang bersinar bersama Inter Milan, Coutinho membuktikan dirinya sebagai pemain penting bagi Liverpool selama lima setengah musim di klub. Gelandang asal Brasil itu menjadi starter reguler pada musim keduanya di Anfield. Coutinho membuat lebih dari 150 penampilan untuk The Reds, mencetak 42 gol dan membuat 35 assist di Premier League.

Kesuksesan Coutinho menarik minat dari klub-klub top di Eropa dan Barcelona. Raksasa Catalan itu akhirnya mendapatkan sang pemain dengan memecahkan rekor transfer klub sebesar 142 juta. Hal itu menjadikan Coutinho sebagai pemain Brasil ke-33 yang bermain untuk Barcelona.

Namun sejak pindah ke Spanyol pada Januari 2018, Coutinho belum mendapatkan tempat reguler di starting line up di bawah Ernesto Valverde. Coutinho boleh dibilang masih belum bisa membuktikan pantas ditebus dengan biaya sangat mahal.

6 of 6

Luis Suarez

Liverpool, Pemain Bintang, Luis Suarez
Luis Suarez mengatakan, dirinya pindah ke Barcelona untuk memenangi Liga Champions. Itulah alasan pemain Uruguay tersebut hengkang dari Liverpool. Suarez bergabung di Anfield pada 2011 dan mencetak 82 gol. (AFP/Paul Ellis)

Luis Suarez bergabung dengan Liverpool pada 2011 setelah menikmati kesuksesan bersama Ajax. Pemain Uruguay itu dengan cepat menjadi pemain favorit penggemar dan menikmati musim terbaiknya selama 2013/14. Suarez mencetak 31 gol di liga dan memenangkan Sepatu Emas Eropa tetapi tidak bisa membantu Liverpool memenangkan Premier League.

Setelah tiga tahun yang sensasional di Anfield, Suarez pindah ke Barcelona pada 2014 dengan biaya yang dilaporkan sekitar 82 juta euro.

Sejak itu, striker Uruguay itu sudah memenangkan banyak trofi di Camp Nou dan menjadi salah satu pemain kunci bagi raksasa Spanyol tersebut.

Suarez sudah mencetak lebih dari 130 gol selama lima tahun di Barca dan merupakan salah satu pencetak gol terbaik di Eropa. Pada musim ini, Suarez sudah mencetak 21 gol di liga termasuk hat-trick melawan klub rival Real Madrid.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓