Barcelona Menyatroni Markas Liverpool, Valverde Dihantui Kekalahan Telak di Roma Musim Lalu

Oleh Liputan6.com pada 07 Mei 2019, 23:15 WIB
Ernesto Valverde

Jakarta - Barcelona akan bertandang ke markas Liverpool pada leg kedua semifinal Liga Champions 2018-2019, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB nanti. Tim Catalan datang dengan percaya diri berkat kemenangan 3-0 di leg pertama lalu.

Meski demikian, Barcelona punya kenangan buruk di fase gugur Liga Champions. Musim lalu, mereka unggul 4-1 atas Roma di Camp Nou.

Tapi, Barcelona kalah 0-3 saat bermain di markas. Meski agregat 4-4, Barcelona kalah gol tandang dan harus tersingkir dengan menyedihkan.

Kenangan itu masih menghantui skuat Barcelona. Pelatih Barcelona Ernesto Valverde harus menuntun para pemainnya untuk tetap menjaga fokus dan memulai laga tanpa mengingat hasil di leg pertama.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 3

Bisa Terjadi

Barcelona Lionel Messi
Bintang Barcelona, Lionel Messi, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB. Barcelona menang 3-0 di Estadio Camp Nou. (AFP / Javier Soriano)

Valverde tahu menang 3-0 di leg pertama adalah keunggulan masif untuk menatap leg kedua. Dia juga yakin melakukan come back di Liga Champions bukanlah hal mudah, terlebih di partai semifinal.

Biarpun demikian, Valverde juga menyadari Liverpool merupakan tim berbahaya. The Reds merupakan salah satu tim terkuat di Eropa musim ini, terlebih saat bermain di Anfield.

"Bisa saja terjadi, besok, kami akan melawan tim kuat yang bisa melampaui kami," buka Valverde kepada Marca.

"Mereka [Liverpool] merupakan lawan yang sangat bagus dan mereka hanya satu kali kalah di Premier League. Dengan cara kami telah menang, mereka juga bisa menang."

 

3 of 3

Pengalaman

Barcelona Vs Liverpool
Duel Virgil van Dijk melawan Lionel Messi saat Liverpool bertandang ke markas Barcelona, Camp Nou, dalam laga leg pertama semifinal Liga Champions, Kamis dini hari WIB (2/5/2019). (AP/Joan Monfort)

Lebih lanjut, Valverde juga menyebut bahwa setiap kekalahan dan kemenangan adalah pelajaran yang berharga. Kekalahan dari AS Roma tahun lalu memberikan pelajaran yang sangat berharga untuk skuat Barca, dan mereka akan berusaha tidak melakukannya lagi saat melawan Liverpool.

"Itu adalah pengalaman yang bisa dipelajari, untungnya dalam sepak bola anda selalu mendapatkan kesempatan baru."

Tidak ada yang sudah pasti dalam sepak bola, anda harus keluar bermain dan melakukannya. PSG [16 besar UCL 2017], mereka berkata bahwa laga itu telah usai, tetapi kami tampil berani dan mencetak enam gol," tandasnya.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓