5 Catatan Manis Liverpool Seusai Menggebuk Barcelona dengan Skor 4 - 0 di Anfield

Oleh Nurfahmi Budi pada 08 Mei 2019, 09:32 WIB
Jurgen Klopp, LIverpool

Bola.com, Jakarta - Liverpool menuai hasil sempurna ketika menjamu Barcelona, di Stadion Anfield, Selasa (7/5/2019) atau Kamis (8/5/2019) dini hari WIB. Liverpool mampu menggasak Barcelona dengan empat gol tanpa balas.

Artinya, kemenangan 4-0 tersebut membuat Liverpool lolos ke panggung pamungkas Liga Champions musim ini. Empat gol yang membahagian seluruh penggemar The Reds datang dari Divock Origi (7', 79') dan Georginio Wijnaldum (54', 56').

Bagi Liverpool, keberhasilan tampil di laga final Liga Champions menjadi pengulangan prestasi mereka musim lalu. Pada final 2018, mereka gagal setelah kalah dari Real Madrid dengan skor 1-3.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengungkapkan, satu di antara kunci kemenangan timnya adalah memaksimalkan setiap menguasai bola. Baginya, improvisasi menjadi bagian terpenting dari rencana tersebut. Alhasil, Liverpool tampil bagus, dan membuat Barcelona seolah kaget.

Empat gol yang bersarang ke gawang Barcelona seolah menjadi pembenaran faktor 'kekagetan' tim tamu. Paling telak terjadi pada gol keempat. Semua pemain Barcelona yang berada di area penalti sendiri, seolah hanya terpaku dan tak menyadari keberadaan Divock Origi, plus 'prilaku' Trent Alexander-Arnold yang cepat mengeksekusi tendangan sudut.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mengakui kesalahan atas gol-gol yang terjadi. "Gol-gol tersebut terjadi karena beberapa kesalahan, baik tim maupun perseorangan. Termasuk gol keempat mereka, yang berhasil membuat kami terkejut," ucap sang entrenador.

Berikut ini beberapa catatan manis Liverpool usai membebat langkah Barcelona:

 

2 of 2

Fakta-Fakta Liverpool

Georginio Wijnaldum, Liverpool
Pemain Liverpool, Georginio Wijnaldum (tengah), dan rekan-rekannya berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Barcelona pada leg kedua semifinal Liga Champions 2018-2019 di Anfield, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB. (AFP/Oli Scarff)

1. Liverpool melangkah ke final Liga Champions / Piala Champions untuk kali ke-9. Mereka hanya kalah dari Real Madrid (16), AC Milan (11) dan Bayern Munchen (10).

2. Liverpool menjadi tim pertama asal Inggris yang sanggup melakukan back to back ke final Liga Champions sejak Manchester United (2008 dan 2009).

3. Bek Trent Alexander-Arnold sudah mengoleksi 14 assist sepanjang Liga Champions musim ini. Raihan tersebut menjadi yang terbanyak di antara pemain Liverpool.

4. Divock Origi mencetak gol pertama di pentas Liga Champions. Fakta tersebut membuat Origi masuk ke daftar pemain ke-50 yang menyumbang gol bagi Liverpool di kompetisi ini, di luar gol bunuh diri.

5. Georginio Wijnaldum menjadi pemain pertama Liverpool yang mencetak dua gol di pentas Liga Champions kala datang dari bangku cadangan sejak Ryan Babel pada 2007 ke gawang Besiktas. Wijnaldum juga menjadi pemain cadangan pertama yang sanggup dua kali menjebol jala Barcelona pada satu pertandingan di sebuah kompetisi.

Sumber: BBC

Lanjutkan Membaca ↓