Statistik Memukau Trent Alexander-Arnold pada Liga Champions 2018-2019

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 08 Mei 2019, 13:15 WIB
Diperbarui 08 Mei 2019, 13:15 WIB
Bintang Muda dengan Performa Mengagumkan di FIFA 19
6. Trent Alexander-Arnold (Liverpool FC) - Bek, 19 Tahun, Overall 78 (AFP/Oli Greenwood)

Bola.com, Jakarta - Trent Alexander-Arnold tampil menjanjikan saat Liverpool membantai Barcelona 4-0 pada leg kedua semifinal di Stadion Anfield, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB. Performa apik itu makin menegaskan krusialnya peranan sang pemain bagi Liverpool pada Liga Champions musim ini. 

Pada usia 20 tahun, Alexander-Arnold juga membuktikan sudah sangat siap dan mampu bersaing di panggung megah Liga Champions. 

Alexander-Arnold mencatat dua assints yang berhasil membuat Liverpool melakukan comeback luar biasa. Setelah kalah 0-3 pada pertemuan pertama, The Reds berhasil melenggang final untuk secara back to back dengan mengantongi kemenangan agregat 4-3.

Alexander-Arnold tidak diturunkan pada leg pertama. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, khawatir kelemahannya dapat dieksploitasi Barcelona. Setelah kalah 0-3, Klopp tidak punya pilihan selain menurunkannya sebagai starter.

Setelah babak pertama berakhir, Klopp mungkin masih merasa gugup. Tetapi, performa Countinho yang menurun dan Luis Suarez yang mulai sudah kehabisan tenaga membuat Alexander-Arnold menemukan kebebasan untuk menyerang. Saat itulah petaka bagi Barcelona datang.

Bek berusia 20 tahun tersebut melepaskan umpan silang yang berhasil dikonversi menjadi gol kedua Liverpool yang dicetak Georginio Wijnaldum pada menit ke-54. Wijnaldum kemudian mencetak gol keduanya pada menit ke-56 dan menjadikan skor 3-0.

Sebelas menit sebelum pertandingan berakhir lahir gol penentu yang mengubur harapan Barca. Trent Alexander-Arnold menjadi sang kreator.

Trent Alexander-Arnold melepaskan sepak pojok cepat yang mengejutkan barisan pertahanan Barcelona. Umpan silang mendatar darinya disambut sontekan Divock Origi dan memastikan langkah Liverpool ke final yang akan digelar di Wanda Metropolitano, Madrid, 1 Juni 2019.

2 dari 2 halaman

Statistik Trent Alexander-Arnold di Liga Champions

Trent Alexander-Arnold
Bek Liverpool asal Inggris, Trent Alexander-Arnold. (AFP/Miguel Riopa)

Statistik Alexander-Arnold pada perhelatan Liga Champions 2018-2019 cukup menjanjikan. Berposisi sebagai bek kanan, pemain yang berusia 20 tahun ini menjadi aktor kunci dalam memastikan langkah Liverpool mencapai partai final.

Berikut Stastistik Alexander-Arnold untuk Liverpool sepanjang perhelatan Liga Champions 2018-2019 yang dirangkum oleh Squawka Football :

Asisst terbanyak: 3

Umpan silang terbanyak: 66

Intersep terbanyak: 18

Mencetak peluang terbanyak: 21

Menckreasi peluang terbesar terbanyak: 7

Umpan terbanyak di kotak penalti: 93

Sumber : Squawka Football

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Lanjutkan Membaca ↓