3 Sosok Pembeda yang Membantu Liverpool Mengalahkan Barcelona

Oleh Luthfie Febrianto pada 08 Mei 2019, 17:40 WIB
Georginio Wijnaldum, Liverpool

Jakarta - Liverpool sekali lagi menorehkan nama mereka dalam buku sejarah Liga Champions.

The Reds mencatatkan salah satu comeback paling bersejarah usai menang 4-0 atas Barcelona di leg kedua semifinal, Rabu (8/5/2019) dinihari WIB di Anfield.

Kemenangan itu membawa Liverpool melenggang ke final karena menang agregat 4-3. Empat gol Liverpool masing-masing dicetak oleh Divock Origi (7', 79') dan Giorginio Wijnaldum (54', 56').

Sebelum pertandingan, Liverpool tak diunggulkan untuk membalikkan keadaan. Pasalnya, mereka kalah 0-3 dari Barcelona pada leg pertama.

Selain itu, Liverpool juga bermain tanpa dua bintang mereka, Mohamed Salah dan Roberto Firmino. Keduanya absen karena cedera.

Namun sejarah ternyata memihak The Reds. Pasukan Jurgen Klopp pun melangkah ke final untuk kedua kali beruntun setelah musim lalu.

Di samping Origi dan Wijnaldum, ada setidaknya tiga pemain kunci lain yang berperan dalam kesuksesan Liverpool. Berikut tiga nama tersebut.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 4

Trent Alexander-Arnold

Bintang Muda dengan Performa Mengagumkan di FIFA 19
Trent Alexander-Arnold (AFP/Oli Greenwood)

Gol kemenangan Liverpool yang dicetak Origi tak akan terjadi tanpa kejelian Arnold mengambil tendangan pojok. Bek kanan ini mulanya tak berniat mengambil tendangan itu dan sempat melangkah pergi dari bola.

Namun ia akhirnya mengambil tendangan tersebut setelah melihat Origi dalam posisi bebas. Para pemain Barcelona yang belum siap hanya bisa melongo melihat Origi menceploskan bola.

"Itu hanya instingtif - salah satu momen ketika anda melihat kesempatan. Origi adalah pemain top dan ini adalah salah satu momen yang akan selalu diingat," kata Arnold seperti dikutip situs resmi UEFA.

Selain umpan kepada Origi, Arnold juga membuat assist terhadap gol kedua Liverpool yang dicetak Wijanldum. Umpannya dari sisi kanan dimaksimalkan Wijnaldum lewat tendangan mendatar.

3 of 4

Alisson Becker

7 pemain Premier League FIFA 19
Alisson Becker (AFP/Paul Ellis)

Meski kalah telak, Barcelona sebetulnya tetap punya peluang emas di mulut gawang Liverpool. Sayang, Luis Suarez dan kawan-kawan gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Kegagalan itu tidak terlepas dari andil Alisson Becker di bawah mistar gawang Liverpool. Kiper asal Brasil ini tercatat membuat dua penyelamatan gemilang terhadap peluang Barcelona.

Alisson menggagalkan peluang Barcelona yang dibuat Luis Suarez dan Jordi Alba. Kesigapannya menangkap bola tendangan dua pemain Barcelona itu membuat gawang Liverpool tetap aman.

Bagi Alisson, keberhasilan mendepak Barcelona menjadi yang kedua berturut-turut. Sebelumnya, ia juga membawa AS Roma menang 3-0 atas Barcelona di leg kedua perempat final Liga Champions musim lalu.

4 of 4

Fabinho

Selebrasi  Gol Premier League
Fabinho (AP/Jon Super)

Liverpool boleh dibilang membuat keputusan tepat saat memboyong Fabinho dari AS Monaco di awal musim. Paling tidak, itu terlihat dari penampilan Fabinho di laga dinihari tadi mengawal lini tengah Liverpool.

Kerja keras gelandang asal Brasil ini membuat para pemain Barcelona kesulitan menyuplai bola ke Lionel Messi. Fabinho tanpa lelah mengawal Messi yang kerap beroperasi dari tengah lapangan.

Menurut catatan Whoscored, Fabinho membuat 4 tekel, 1 intersep, 1 sapuan, dan tiga pelanggaran. Bersama Jordan Henderson, Fabinho menjadi pemain Liverpool dengan tekel terbanyak dalam pertandingan tersebut.

"Saya berusaha untuk melakukan apapun agar bola tidak menemui Messi," kata Fainhon seperti dilansir Goal.

Lanjutkan Membaca ↓