Rapor Pemain Barcelona Saat Dihajar Liverpool

Oleh Rizki Hidayat pada 08 Mei 2019, 22:20 WIB
Barcelona Dihabisi Liverpool

Bola.com, Liverpool - Barcelona takluk empat gol tanpa balas dari Liverpool pada laga leg kedua semifinal Liga Champions, di Stadion Anfield, Selasa (7/5/2019). Hasil minor ini tak lepas dari melempemnya penampilan Los Cules

Bertindak sebagai tim tamu, Blaugrana berada di atas angin. Mereka berhasil meraih kemenangan 3-0 atas Liverpool pada pertemuan pertama semifinal Liga Champions, di Camp Nou pada 1 Mei 2019.

Los Cules hanya membutuhkan hasil imbang atau minimal kalah dengan selisih dua gol untuk bisa lolos ke final Liga Champions. Akan tetapi, ambisi Lionel Messi dkk. melenggang ke partai puncak harus kandas.

Barcelona secara mengejutkan menyerah empat gol tanpa balas dari Liverpool. Gol-gol kemenangan The Reds tercipta atas nama Divock Origi pada menit ke-7 dan 79', serta Georginio Wijnaldum menit ke-54 dan 56'.

"Ini hasil mengerikan bagi fans dan kami sendiri. Kami benar-benar tidak beruntung, kredit untuk Liverpool," kata pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

"Kami berusaha bermain lebih ke dalam. Namun, pertandingan berakhir bagi kami dengan kebobolan empat gol. Kami tak dapat merespons," imbuhnya.

Ini adalah kali kedua beruntun Barcelona menelan kegagalan pahit di Liga Champions. Musim lalu, Barcelona unggul 4-1 pada leg pertama perempat final di kandang sendiri, tetapi juga tersingkir setelah kalah 0-3 di markas AS Roma.

Berikut ini adalah rapor pemain Barcelona saat takluk dari Liverpool:

2 of 4

Belakang:

Marc-Andre ter Stegen
Kiper Marc-Andre ter Stegen dipastikan absen dalam laga leg kedua babak 32 besar Copa del Rey kontra Villanovence, Kamis (3/11/2015) dini hari WIB. Ter Stegen mengalami cedera lutut. (AFP/PAU BARRENA)

Kiper: Marc-Andre ter Stegen - 4/10

Penjaga gawang Timnas Jerman itu dibuat tak berkutik menghalau tembakan lini serang Liverpool. Dari tujuh sepakan tepat sasaran yang dilepaskan pemain The Reds, empat di antaranya melesat mulus masuk ke dalam gawang Barca.

Bek kanan: Sergi Roberto - 3

Pemain 27 tahun ini seperti kehilangan taji. Dia kerap kesulitan menjaga Sadio Mane yang menempati sisi kiri lini serang Liverpool. Bukan hanya itu, Sergi Roberto juga tak banyak membantu serangan El Barca.

Bek tengah: Gerard Pique - 4

Jika biasanya menjadi tembok kukuh di lini belakang, Pique bermain melempem dalam laga ini. Bek Timnas Spanyol itu kerepotan menutup pergerakan pemain depan Liverpool. Bahkan, dia kesulitan mengantisipasi umpan lambung yang dilepaskan skuat Si Merah.

Bek tengah: Clement Lenglet - 3

Sama seperti Gerard Pique, Lenglet mengalami tak mampu membendung serangan bergelombang yang dilancarkan pemain Liverpool. Gol pembuka The Reds yang diciptakan Divock Origi tak lepas dari kelengahan Lenglet dalam menutup pergerakan Jordan Henderson.

Bek kiri: Jordi Alba - 3

Tampil impresif pada leg pertama, Alba bermain buruk pada pertemuan kedua kontra Liverpool. Pemain 30 tahun itu kerap melakukan kesalahan yang membuat The Reds mudah menembus lini pertahanan Los Cules

3 of 4

Tengah:

Liverpool Vs Barcelona
Striker Liverpool, Sadio Mane, berusaha melewati pemain Barcelona pada laga semifinal Liga Champions 2019 di Stadion Anfield, Selasa (7/5). Liverpool menang 4-0 atas Barcelona. (AP/Dave Thompson)

Gelandang kanan: Arturo Vidal - 3

Pemain Timnas Cile ini seperti mengalami kelelahan pada fisik dan mentalnya. Vidal tak mampu menjadi sosok penting di sisi kanan serangan Blaugrana. Bahkan, dia beberapa kali kalah duel dengan barisan gelandang Liverpool.

Gelandang tengah: Sergio Busquets - 6

Busquets merupakan sosok penting di lini tengah Barcelona. Perannya sebagai penyeimbang di sektor tengah sangat dibutuhkan El Barca. Namun, dalam laga melawan Liverpool, Sergio Busquets tak mampu berbuat banyak.

Gelandang tengah: Ivan Rakitic - 4

Rakitic tampil apik pada paruh pertama. Umpan-umpan yang dilepaskannya sempat menusuk pertahanan Liverpool. Akan tetapi, performa gemilang tersebut justru memudar pada interval kedua.

Gelandang kiri: Philippe Coutinho - 3

Duel ini menjadi laga yang spesial buat Coutinho. Sebab, dia kembali ke Stadion Anfield untuk pertama kalinya setelah memutuskan hengkang ke Barcelona pada Januari 2018. Namun, Philippe Coutinho gagal membawa Barca meraih hasil bagus di kandang mantan klubnya tersebut.

4 of 4

Depan:

Luis Suarez, Liverpool Vs Barcelona
Reaksi bintang Barcelona, Luis Suarez (tengah) setelah timnya disingkirkan Liverpool pada leg kedua semifinal Liga Champions di Anfield, Rabu (8/5/2019). (AFP/Oli Scarff)

Penyerang: Lionel Messi - 4

Magis La Pulga benar-benar meredup di Stadion Anfield. Mendapatkan pengawalan ketat dari Andrew Robertson, Virgil van Dijk, dan Joel Matip membuat Messi hanya mampu melepaskan lima tembakan yang dua di antaranya mengarah ke gawang.

Penyerang: Luis Suarez - 3

Sama seperti Coutinho, pertandingan melawan Liverpool terasa spesial untuk Suarez. Namun, penyerang Timnas Uruguay itu tak mampu membobol gawang mantan klubnya, seperti yang dilakukan pada leg pertama.

Pemain pengganti

  • Nelson Semedo (menggantikan Philippe Coutinho pada menit ke-60) - 4
  • Arthur (menggantikan Arturo Vidal pada menit ke-75) - 4
  • Malcolm (menggantikan Ivan Rakitic pada menit ke-80) - 4

Sumber: The Guardian

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Lanjutkan Membaca ↓