VIDEO: Highlights Liga Champions, Ajax Vs Tottenham 2-3

Oleh Okie Prabhowo pada 09 Mei 2019, 08:52 WIB

Bola.com, Amsterdam - Tottenham Hotspur memastikan tercipta All English Final di Liga Champions 2018-2019. Spurs melenggang ke final setelah menang dramatis 3-2 atas Ajax Amsterdam pada leg kedua semifinal di Amsterdam, Rabu (8/5/2019).

Tottenham lolos ke final dengan agregat 3-3, setelah di kandang sendiri takluk 0-1. Spurs berhak lolos karena unggul gol tandang dibanding Ajax.

Ajax bermain menekan sejak awal pertandingan. Tak butuh waktu lama bagi mereka menjebol gawang Tottenham. Pada menit kelima, Ajax mendapatkan tendangan sudut. 

Bola hasil sepak pojok terarah ke kotak penalti Ajax. Matthijs de Ligt berhasil melepaskan diri dari penjagaan Kieran Trippier, dan juga memenangi duel di udara kontra Dele Alli. Bola De Ligt dan tak mampu ditepis kiper Spurs, Hugo Lloris. Skor 1-0 untuk Ajax. 

Gol tambahan yang ditunggu-tunggu Ajax baru datang pada menit ke-35. Gol kedua Ajax dicetak Hakim Ziyech, meneruskan umpan dari Dusan Tadic. Tendangannya meluncur mulus ke pojok kiri gawang Lloris.

Pada menit ke-55, Danny Rose berhasil mengalahkan de Ligt dalam perebutan di tengah, kemudian melepaskan umpan ke Alli. Sang pemain kemudian memberikan umpan ke Lucas Moura. Moura lalu membawa bola ke kotak penalti dan melepaskan tendangan ke pojok kanan bawah gawang Ajax. Skor menjadi 1-2. 

Empat menit berselang, Moura kembali membobol jala Ajax, tepatnya di menit ke-59. Tottenham kembali membuka kans lolos ke final. Kedudukan menjadi 2-2, atau agregat 2-3 untuk keunggulan Ajax. 

Petaka Ajax terjadi saat injury memasuki enam menit. Lucas Moura berhasil membobol jala Ajax, sekaligus memastikan Tottenham melenggang ke final Liga Champions. (Yus Mei Sawitri)