Liverpool Vs Tottenham Hotspur: Final Sesama Inggris Kedua di Liga Champions

Oleh Thomas pada 09 Mei 2019, 09:45 WIB
Diperbarui 10 Mei 2019, 13:18 WIB
Tottenham Hotspur ke Final Liga Champions

Jakarta - Tottenham Hotspur mengukir sejarah dengan melaju ke final Liga Champions untuk kali pertama, untuk menantang sesama klub Inggris, Liverpool. Duel tersebut menjadi All English Final kedua sepanjang sejarah Liga Champions. 

The Lilywhites lolos setelah secara dramatis menyingkirkan Ajax Amsterdam pada leg kedua semifinal di Johan Cruyff Arena, Kamis (9/5/2019) dini hari WIB.

Pada leg pertama di kandang sendiri, Tottenham kalah 0-1 dari Ajax. Tottenham makin tersudut ketika Ajax unggul 2-0 di babak pertama pada leg kedua. 

Namun, secara luar biasa Tottenham bisa membalikkan keadaan di babak kedua. Spurs melesakkan tiga gol melalui pemain sayap asal Brasil, Lucas Moura. Pada laga ini Moura dimainkan sebagai striker.

Sehari sebelumnya, Liverpool sudah lebih dulu lolos setelah membuat kejutan dengan mendepak Barcelona. The Reds juga melakukan comeback sensasional. Kalah 0-3 di leg pertama, The Reds dengan perkasa menghajar Barcelona pada laga kedua di kandang sendiri. 

All English Final ini bukan yang pertama di kancah Liga Champions. Duel sesama klub Inggris di final Liga Champions pertama kali berlangsung pada musim 2007-2008, ketika Manchester United berjumpa Chelsea. Final tersebut dimenangi Setan Merah.

Selain di Liga Champions, final sesama klub Inggris juga pernah terjadi di Piala UEFA. Final sesama klub Inggris pertama itu terjadi pada 1971-1972, ketika Tottenham berjumpa Wolverhampton Wanderers.