Sukses


Hampir Terpental 3 Kali, Tottenham Hotspur Punya Nyawa Kucing di Liga Champions

Jakarta - Tottenham Hotspur ibarat kucing selama mengikuti Liga Champions musim ini. Memiliki sembilan nyawa, mereka berkali-kali lolos dari maut dalam perjalanan menuju final.

Spurs sudah menunjukkan karakter itu sejak putaran awal. Masuk grup neraka bersama Barcelona, Inter Milan, dan PSV Eindhoven, Tottenham Hotspur gagal memulai kampanye dengan baik karena gagal berjaya di tiga laga pertama, dua di antaranya berupa kekalahan.

Mereka kemudian menjaga harapan dengan memenangkan dua pertandingan berikutnya. Namun, tugas berat menanti anak asuh Mauricio Pochettino.

Klub London Utara itu harus meraih poin pada partai penutup di markas Barcelona, sembari berharap Inter Milan gagal menaklukkan PSV Eindhoven.

Skenario sulit itu nyatanya terwujud. Meski tertinggal sejak menit ke-7, Tottenham Hotspur menyamakan kedudukan ketika pertandingan berusia 86 menit.

Di tempat terpisah, I Nerazzurri juga hanya bisa bermain 1-1. Hugo Lloris dan kawan-kawan akhinya mengungguli Inter Milan di klasemen berdasar rekor head to head.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 3 halaman

Momen Lainnya

Setelah tanpa kesulitan menyisihkan Borussia Dortmund di perdelapan final, Tottenham kembali di ujung tanduk pada 8 besar melawan Manchester City. Kemennagan 1-0 pada pertandingan pertama tidak berarti karena tertinggal 4-2 saat leg kedua menyisakan 30 menit.

Fernando Llorente lalu membawa Spurs memperkecil kedudukan dan unggul gol tandang. Namun, mereka tetap lolos dari maut karena VAR menganulir gol bintang The Citizens Raheem Sterling pada injury time.

Teranyar Spurs lolos dari maut di semifinal. Mereka tertinggal 0-3 ketika Matthijs de Ligt dan Hakim Ziyech merobek gawang Hugo Lloris di Johan Cruyff Arena, Kamis (9/5/2019) dini hari WIB, setelah sebelumnya tumbang 0-1 di pertandingan pertama.

Mampu menyamakan kedudukan 2-2, Tottenham juga bakal kembali tercecer jika tendangan Ziyech tidak membentur mistar. Pada akhirnya Moura mencetak hattrick dan membawa tim menang 3-2 dan unggul agregat gol tandang

Namun, klub London Utara itu menyamakan kedudukan lewat hattrick Lucas Moura sehingga menang agregat gol tandang.

3 dari 3 halaman

Sering Melakukan Comeback

Semangat comeback Tottenham juga terlihat dalam statistik lain. Mereka tercatat pernah tertinggal dalam tujuh dari 12 pertandingan yang dijalani di Liga Champions musim ini, alias 58 persen.

Namun, keadaan tersebut tidak membuat mereka menyerah dan mampu melangkah hingga final. "Kami tidak pernah menyerah. Semangat itu penting. Taktik atau perubahan gaya bermain tidak berperan sama sekali. Akan jadi kisah luar biasa jika kami memenangkan Liga Champions," kata manajer Tottenham Mauricio Pochettino, dilansir Guardian.

Sebagai catatan, lima laga saat Tottenham tidak tertinggal terjadi saat melawan Inter Milan (2, grup), Borussia Dortmund (2, perdelapan final), dan Manchester City (leg pertama perempat final). Sementara di tujuh partai saat tercecer, Spurs hanya mampu menang dua kali. 

Video Populer

Foto Populer