5 Blunder Ernesto Valverde Saat Barcelona Dipermalukan Liverpool

Oleh Ario Yosia pada 10 Mei 2019, 12:01 WIB
Copa Del Rey, Philippe Coutinho, Barcelona

Bola.com, Jakarta - Barcelona tersingkir secara menyakitkan dari pentas Liga Champions setelah dipermalukan Liverpool. Ernesto Valverde pun dianggap bertanggung jawab atas kegagalan Barcelona di kompetisi tersebut.

Langkah Barcelona dihentikan Liverpool pada babak semifinal usai kalah dengan agregat 3-4. Padahal mereka punya keuntungan yang sangat besar sebelum bertanding di Anfield.

Barcelona menang 3-0 pada leg pertama di Camp Nou. Namun, Liverpool berhasil membalikkan keadaan pada leg kedua.

Dua gol masing-masing dari Divock Origi dan Gerginio Wijnaldum membuat pasukan Jurgen Klopp menang 4-0. Dengan demikian, mereka berhak tampil di final Liga Champions.

Valverde melakukan lima kesalahan di Anfield sehingga Barcelona kolaps di Anfield. Apa saja itu? Berikut ini penjabarannya seperti dilansir Marca.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 6

Turunkan Komposisi Pemain yang Sama

Barcelona Dihabisi Liverpool
Para pemain Barcelona meninggalkan lapangan setelah kalah atas Liverpool pada akhir laga kedua semifinal Liga Champions 2018/19 di Anfield, Selasa (7/5/2019). Barcelona menelan kekalahan mengejutkan ketika melawat ke markas Liverpool dengan skor 0-4 (agregat 3-4). (AP/Dave Thompson)

Barcelona memang menang 3-0 di Camp Nou tetapi sebenarnya Liverpool yang lebih mendominasi. Barca bisa menang karena tertolong Lionel Messi yang tampil gemilang dengan mencetak dua gol.

Pendekatan yang diterapkan Jurgen Klopp lebih baik dari Barcelona. Itu kembali dibuktikan lagi pada pertandingan leg kedua.

3 of 6

Coutinho Semestinya Jadi Cadangan

Coutinho Sumbang Gol, Barcelona Melenggang ke Final Copa del Rey
Pemain Barcelona Philippe Coutinho melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Valencia dalam pertandingan Copa del Rey di stadion Mestalla di Valencia (8/2). Philippe Coutinho mencetak gol perdananya untuk Barca. (AP Photo/Alberto Saiz)

Ousmane Dembele tidak bisa bermain karena cedera dan Malcom belum menemukan tempatnya. Namun, Coutinho seharusnya tidak berada di lapangan.

Pemain Brasil itu memperlihatkan sikap yang buruk dan bahkan penampilannya jauh lebih buruk lagi. Dia dianggap tidak pantas mendapat tempat di tim ini.

4 of 6

Berdayakan Pemain Tak Berguna

Dua Gol Lionel Messi Antar Barcelona Taklukan Liverpool
Duel antara Sadio Mane dan Arturo Vidal pada leg 1, babak semifinal Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis (2/5). Barcelona menang 3-0 atas Liverpool. (AFP/Josep Lago)

Aneh ketika Barcelona menurunkan tim yang sama seperti minggu sebelumnya, terutama ketika mereka terlihat jauh lebih baik dengan Nelson Semedo daripada Coutinho di Camp Nou.

Pergantian pemain yang sama juga terjadi di markas Liverpool. Arthur Melo menggantikan Arturo Vidal, sebelum Malcom masuk menggantikan Ivan Rakitic tanpa membuat dampak.

5 of 6

Terjebak dalam Tekanan

Luis Suarez, Liverpool Vs Barcelona
Reaksi bintang Barcelona, Luis Suarez (tengah) setelah timnya disingkirkan Liverpool pada leg kedua semifinal Liga Champions di Anfield, Rabu (8/5/2019). (AFP/Oli Scarff)

Barcelona tak mampu menghadapi tekanan Liverpool. Vidal kalah dan kehilangan bola baik di kandang maupun tandang.

Arthur, yang direkrut untuk peristiwa-peristiwa seperti ini, tidak bermain sampai menit ke-74 sekalipun dia adalah gelandang terbaik dalam penguasaan bola.

6 of 6

Pergantian Pemain Monoton

Bek Liverpool, Andrew Robertson.
Bek Liverpool, Andrew Robertson, berduel dengan megabintang Barcelona, Lionel Messi, dalam laga leg kedua semifinal Liga Champions di Stadion Anfield, Selasa (7/5/2019). (AFP/Paul Ellis)

Di menit ke-74, Valverde menarik Vidal. Pemain Chile itu adalah satu-satunya gelandang Barca tanpa kartu kuning, dan satu-satunya pemain yang bisa memulihkan posisi yang kurang diuntungkan dengan melakukan pelanggaran.

Sergio Busquets dan Ivan Rakitic tidak dalam performa bagus, tapi malah Vidal yang ditarik keluar.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓