Sukses


8 Klub Inggris yang Sukses Lolos ke Final Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Tottenham HotspurĀ sudah tiga kali melaju ke final kompetisi Eropa sebelumnya, namun itu semua pada kompetisi Liga Europa/Piala UEFA. Baru musim ini Spurs lolos ke laga puncak Liga Champions, kompetisi kasta elite Benua Biru.

Di laga final Spurs pun bersua sesama klub Inggris, Liverpool pengoleksi lima gelar Liga Champions. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi Inggris Raya.

Menegaskan kompetisi Premier League yang terbaik di Benua Eropa.

Selain itu, SpursĀ menjadi klub kedelapan asal Inggris yang melaju ke final sepanjang sejarahĀ ā€‹Liga Champions atau dengan nama lawas European Cup.

Berikut adalah daftar lengkap klub-klub tersebut yang telah dikutip dari situs 90min.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 9 halaman

Liverpool

Final Liga Champions 2018-2019 menjadi partisipasi yang kesembilan (digabung dengan total dari European Cup) bagi klub yang berjulukanā€‹ The RedsĀ tersebut di ajang kompetisi bergengsi Eropa tersebut.Ā 

Mereka berhasil mengangkat trofi kompetisi paling bergengsi di Eropa itu sebanyak lima kali dan tiga kali menjadi runner-up.

Klopp pastinya ingin mempersembahkan gelar tersebut bagi pendukung Liverpool di musim ini, mengingat kegagalan mereka musim lalu setelah dikalahkan Real Madrid dengan skor 1-3 di final sebelumnya.

3 dari 9 halaman

Manchester United

Hampir satu dekade bagiā€‹ Manchester UnitedĀ untuk absen di final Liga Champions. Bahkan musim depan mereka harus puas dengan lolos ke Liga Europa setelah dipastikan tidak akan finis di empat besar Premier League 2018-2019.

Meskipun begitu, mereka pernah merasakan tiga kali mengangkat gelar Liga Champions serta European Cup pada 1968, 1999, dan 2008. Selain itu mereka penahĀ dua kali menjadi runner-up setelah dikalahkan Barcelona pada musim 2008/09 dan 2010-2011.

4 dari 9 halaman

Nottingham Forest

Siapa yang menyangka klub asal Inggris,Ā Nottingham Forest pernah lolos ke final European League dua musim berturut-turut (1978-1979 - 1979-1980). Mereka pun berhasil mengalahkan lawan-lawannya, Malmo dan Hamburg dengan skor masing-masing 1-0.

Kesuksean mereka terukir pada periode 1976 hingga 1982 di bawah asuhan Brian Clough dan Peter Taylor.Ā Sayangnya, sejak saat itu prestasi mereka menurun dan terdegradasi dari Premier League. Di sepak bola modern, mereka hanya menjadi penghuni di Championship.

5 dari 9 halaman

Chelsea

Manajer asal Portugal, Jose Mourinho merupakan pelatih tersukses di klub Premier LeagueĀ ā€‹Chelsea.Ā Buktinya, ia sempat menukangi The Blues dua periode dan menyumbangkan delapan titel sepanjang masa baktinya tersebut.Ā Namun, sayangnya ia tidak pernah membawa Chelsea ke final Champions League selama lima musim ia di Stamford Bridge.

Malah Manajer Interim, Roberto Di Matteo yang membawa Chelsea untuk pertama kalinya mengangkat trofi tersebut pada 2012 setelah menang melalui drama adu penalti dari Bayern Munchen. Keberhasilan ini menebus kegagalan mereka saat kalah drama adu penalti melawan Manchester United di finalĀ ā€‹Champions LeagueĀ 2007-2008.

6 dari 9 halaman

Aston Villa

Aston Villa untuk pertama kalinya lolos ke final European Cup pada musim 1982. Mereka berhasil menang tipis 1-0 dariĀ ā€‹Bayern MunchenĀ melalui gol semata wayang Peter Withe.

Sama seperti Nottingham Forrest, saat ini Aston Villa hanya bermain di divisi bawah kompetisi sepak bola Inggris.

7 dari 9 halaman

Leeds United

Leeds United asuhan David O'Leary pada periode 1998-2002 memiliki pemain-pemain generasi emas seperti Harry Kewel, Lee Bowyer, Jonathan Woodgate, Alan Smith, Mark Viduka, danĀ  Rio Ferdinand.

Kala itu mereka tidak pernah finis di luar lima besar Premier League dan sempat menjadi semifinalisĀ ā€‹Champions LeagueĀ pada musim 2000-2001. Namun ternyata, Leeds United pernah menjadi finalis European Cup pada musim 1974-75.

8 dari 9 halaman

Arsenal

Nasib sial mendatangiĀ ā€‹ArsenalĀ di final Liga Champions 2005-2006, mereka harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Jens Lehman diusir ke luar lapangan di menit ke-18.

Tidak putus asa, mereka sempat unggul 1-0 terlebih dulu melalui gol Sol Campell di menit ke 37 dan bertahan hingga jeda turun minum.

Sayangnya, Barcelona membalikan keadaan di 15 menit sebelum laga usai, Samuel Eto'o dan Beletti menyumbangkan masing-masing satu gol untuk kemenangan Barcelona 2-1 dari Arsenal.

9 dari 9 halaman

Tottenham Hotspur

ā€‹Tottenham HotspurĀ untuk pertama kalinya lolos ke final Champions League, setelah mereka menang gol tandang dari Ajax dengan agregat 4-4 di semifinal musim ini.

Sempat kalah 0-1 di leg pertama dan ketinggalan 0-2 di babak pertama leg kedua, namun hattrick Lucas Moura meloloskan Spurs ke final yang akan dimainkan di markas Atletico Madrid.

Mereka akan menantang Liverpool yang terlebih dulu memastikan diri lolos setelah menang dari Barcelona.

Sumber: 90min

Video Populer

Foto Populer