8 Klub Inggris yang Sukses Lolos ke Final Liga Champions

Oleh Ario Yosia pada 10 Mei 2019, 10:15 WIB
Tottenham Hotspur Kalahkan Ajax

Bola.com, Jakarta - Tottenham Hotspur sudah tiga kali melaju ke final kompetisi Eropa sebelumnya, namun itu semua pada kompetisi Liga Europa/Piala UEFA. Baru musim ini Spurs lolos ke laga puncak Liga Champions, kompetisi kasta elite Benua Biru.

Di laga final Spurs pun bersua sesama klub Inggris, Liverpool pengoleksi lima gelar Liga Champions. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi Inggris Raya.

Menegaskan kompetisi Premier League yang terbaik di Benua Eropa.

Selain itu, Spurs menjadi klub kedelapan asal Inggris yang melaju ke final sepanjang sejarah ​Liga Champions atau dengan nama lawas European Cup.

Berikut adalah daftar lengkap klub-klub tersebut yang telah dikutip dari situs 90min.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 9

Liverpool

Jurgen Klopp, LIverpool
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (bertopi), berselebrasi bersama para pemain setelah mengalahkan Barcelona pada leg kedua semifinal Liga Champions, di Anfield, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB. (AFP/Paul Ellis)

Final Liga Champions 2018-2019 menjadi partisipasi yang kesembilan (digabung dengan total dari European Cup) bagi klub yang berjulukan​ The Reds tersebut di ajang kompetisi bergengsi Eropa tersebut. 

Mereka berhasil mengangkat trofi kompetisi paling bergengsi di Eropa itu sebanyak lima kali dan tiga kali menjadi runner-up.

Klopp pastinya ingin mempersembahkan gelar tersebut bagi pendukung Liverpool di musim ini, mengingat kegagalan mereka musim lalu setelah dikalahkan Real Madrid dengan skor 1-3 di final sebelumnya.

3 of 9

Manchester United

Manchester United
MU sukses kalahkan Bayern Munchen 2-1 di final Liga Champions 1999 (ERIC CABANIS / AFP)

Hampir satu dekade bagi​ Manchester United untuk absen di final Liga Champions. Bahkan musim depan mereka harus puas dengan lolos ke Liga Europa setelah dipastikan tidak akan finis di empat besar Premier League 2018-2019.

Meskipun begitu, mereka pernah merasakan tiga kali mengangkat gelar Liga Champions serta European Cup pada 1968, 1999, dan 2008. Selain itu mereka penah dua kali menjadi runner-up setelah dikalahkan Barcelona pada musim 2008/09 dan 2010-2011.

4 of 9

Nottingham Forest

Piala FA, Arsenal, Nottingham Forest
Para pemain Nottingham Forest merayakan gol yang dicetak oleh Eric Lichaj ke gawang Arsenal pada laga Piala FA di Stadion City Ground, Minggu (7/1/2018). Arsenal takluk 2-4 dari Nottingham Forest. (AFP/Oli Scarff)

Siapa yang menyangka klub asal Inggris, Nottingham Forest pernah lolos ke final European League dua musim berturut-turut (1978-1979 - 1979-1980). Mereka pun berhasil mengalahkan lawan-lawannya, Malmo dan Hamburg dengan skor masing-masing 1-0.

Kesuksean mereka terukir pada periode 1976 hingga 1982 di bawah asuhan Brian Clough dan Peter Taylor. Sayangnya, sejak saat itu prestasi mereka menurun dan terdegradasi dari Premier League. Di sepak bola modern, mereka hanya menjadi penghuni di Championship.

5 of 9

Chelsea

120817chelsea-juara_ligachampions-besar.
Pemain Chelsea berpose dengan trofi usai pertandingan final Liga Champions antara FC Bayern Muenchen dan Chelsea FC, Sabtu (19/5) di Fussball Arena Stadion di Munich. Chelsea membungkam MUenche 4-3 lewat adu penalti. (AFP)

Manajer asal Portugal, Jose Mourinho merupakan pelatih tersukses di klub Premier League ​Chelsea. Buktinya, ia sempat menukangi The Blues dua periode dan menyumbangkan delapan titel sepanjang masa baktinya tersebut. Namun, sayangnya ia tidak pernah membawa Chelsea ke final Champions League selama lima musim ia di Stamford Bridge.

Malah Manajer Interim, Roberto Di Matteo yang membawa Chelsea untuk pertama kalinya mengangkat trofi tersebut pada 2012 setelah menang melalui drama adu penalti dari Bayern Munchen. Keberhasilan ini menebus kegagalan mereka saat kalah drama adu penalti melawan Manchester United di final ​Champions League 2007-2008.

6 of 9

Aston Villa

Aston Villa
Klub sepak bola asal Inggris yang berbasis di Aston, Brimingham.

Aston Villa untuk pertama kalinya lolos ke final European Cup pada musim 1982. Mereka berhasil menang tipis 1-0 dari ​Bayern Munchen melalui gol semata wayang Peter Withe.

Sama seperti Nottingham Forrest, saat ini Aston Villa hanya bermain di divisi bawah kompetisi sepak bola Inggris.

7 of 9

Leeds United

Klub yang Sempat Berjaya Kini Alami Keterpurukan
Leeds United, klub yang sempat ditakuti di pentas Eropa. Mereka pernah menembus final Piala Champions pada tahun 1975 dan semifinal 2001. Namun pada pertengahan 2000an, tim ini mengalami keterpurukan. (AFP/Andrew Yates)

Leeds United asuhan David O'Leary pada periode 1998-2002 memiliki pemain-pemain generasi emas seperti Harry Kewel, Lee Bowyer, Jonathan Woodgate, Alan Smith, Mark Viduka, dan  Rio Ferdinand.

Kala itu mereka tidak pernah finis di luar lima besar Premier League dan sempat menjadi semifinalis ​Champions League pada musim 2000-2001. Namun ternyata, Leeds United pernah menjadi finalis European Cup pada musim 1974-75.

8 of 9

Arsenal

arsenal vs barcelona
Kiper Arsenal, Jens Lehmann (kiri), menerima kartu merah pada laga final Liga Champions melawan Barcelona, di Stade de France, 17 Mei 2006. (AFP/Gabriel Bouys)

Nasib sial mendatangi ​Arsenal di final Liga Champions 2005-2006, mereka harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Jens Lehman diusir ke luar lapangan di menit ke-18.

Tidak putus asa, mereka sempat unggul 1-0 terlebih dulu melalui gol Sol Campell di menit ke 37 dan bertahan hingga jeda turun minum.

Sayangnya, Barcelona membalikan keadaan di 15 menit sebelum laga usai, Samuel Eto'o dan Beletti menyumbangkan masing-masing satu gol untuk kemenangan Barcelona 2-1 dari Arsenal.

9 of 9

Tottenham Hotspur

Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino
Manajer, Mauricio Pochettino dan pemain Tottenham Hotspur merayakan kemenangan tim mereka atas Ajax Amsterdam pada akhir laga kedua semifinal Liga Champions 2018/19 di Stadion Johan Cruyff, Rabu (8/5). Tottenham melaju ke Final Liga Champions usai mengalahkan Ajax 3-2. (Olaf Kraak / ANP / AFP)

​Tottenham Hotspur untuk pertama kalinya lolos ke final Champions League, setelah mereka menang gol tandang dari Ajax dengan agregat 4-4 di semifinal musim ini.

Sempat kalah 0-1 di leg pertama dan ketinggalan 0-2 di babak pertama leg kedua, namun hattrick Lucas Moura meloloskan Spurs ke final yang akan dimainkan di markas Atletico Madrid.

Mereka akan menantang Liverpool yang terlebih dulu memastikan diri lolos setelah menang dari Barcelona.

Sumber: 90min

Lanjutkan Membaca ↓