Ronaldo Salahkan Lionel Messi Atas Kegagalan Barcelona di Liga Champions

Oleh Novie Rachmayanti pada 10 Mei 2019, 12:15 WIB
Ronaldo Nazario

Bola.com, Turin - Mantan bintang Real Madrid dan Barcelona, Ronaldo Luis Nazario da Lima menyebut, Lionel Messi ikut bertanggung jawab terhadap kegagalan Barcelona di Liga Champions. Menurut Si Gigi Kelinci, sosok Lionel Messi membuat pemain lainnya dinilai kecil oleh para penikmat sepak bola.

Lionel Messi gagal menginspirasi rekan-rekannya saat Barcelona bertandang ke Anfield. Blaugrana hanya membutuhkan satu gol pada laga tersebut untuk memperbesar peluang ke final Liga Champions.

Namun, takdir berkata lain karena Liverpool mampu mencetak empat gol dan membalikkan kedudukan. Hasilnya, Barcelona tersingkir secara menyakitkan dari Liga Champions.

Menurut Ronaldo, Messi harus secara jantan menyatakan kalau kekalahan tersebut juga menjadi tanggung jawabnya. Saat ini, Ernesto Valverde dan beberapa pemain lain seperti Phil Coutinho, Luis Suarez dan Ivan Rakitic, yang menjadi sasaran cemooh suporter.

"Barcelona memiliki skuat yang hebat. Mereka memiliki pemain terbaik di dunia, yaitu Lionel Messi. Namun, jangan lupakan peran pemain lainnya juga," ujar Ronaldo.

"Ketika mereka kalah, saya sering mendengar kalau itu karena kesalahan Coutinho dan Valverde. Coutinho dianggap pembelian gagal dan Valverde disebut pelatih yang tidak pantas menangani Barcelona," tegas Ronaldo. Hal berbeda terjadi jika Barcelona menang.

Menurut Ronaldo, fans dan jajaran manajemen Barcelona akan terus memuji Messi. Mereka menganggap kalau Messi-lah yang membuat Barcelona menang. "Saya rasa itu menunjukkan kurangnya rasa hormat di Barcelona, baik itu kepada pemain atau pun staf," imbuh Ronaldo.

Barcelona tersingkir dari semifinal Liga Champions setelah kalah 0-4 dari Liverpool pada leg 2. Padahal, pada pertemuan pertama, Barcelona menundukkan Liverpool dengan skor 3-0. Pada pertandinga di Anfield, Lionel Messi dianggap tak membeir kontribusi maksimal.

Sumber: Fox Sports

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.