Final Liga Champions: Apakah Mohamed Salah dan Sadio Mane Tetap Berpuasa?

Oleh Novie Rachmayanti pada 10 Mei 2019, 16:45 WIB
Mohamed Salah - Sadio Mane

Bola.com, Jakarta Final Liga Champions 2018-2019 antara Liverpool melawan Totttenham Hotspur akan berlangsung pada Minggu (2/6/2019) dini hari WIB, alias masih di bulan Ramadan. Apakah dua pemain muslim di Liverpool,  Mohamed Salah dan Sadio Mane, akan berpuasa? 

Musim lalu Salah memutuskan tidak berpuasa ketika memperkuat Liverpool pada final Liga Champions 2018 melawan Real Madrid di Stadion Olimpiade Kiev. Saat itu, final juga berlangsung saat Ramadan.

Beberapa pesepak bola muslim memilih tetap berpuasa saat bertanding, seperti yang dilakukan pemain Ajax Amsterdam, Hakim Ziyech dan Noussair Mazraoui, pada leg kedua semifinal Liga Champions kontra Tottenham Hotspur, Kamis (9/5/2019). Mereka baru berbuka puasa saat pertandingan memasuki menit ke-22. 

Namun, sebagian pesepak bola ada yang memilih tak berpuasa saat pertandingan penting, kemudian mengganti puasanya di lain waktu.  

Menghadapi final tahun ini, manajer Liverpool, Jurgen Klopp menyerahkan sepenuhnya untuk berpuasa atau tidak kepada kedua pemain. Selama ini, Salah dan Mane dikenal terbuka tentang agamanya dan menunjukkannya saat berselebrasi. Mereka biasanya melakukan sujud sebagai ekspresi selebrasi ketika mencetak gol.  

"Agama itu urusan pribadi, begitulah saya memahaminya," kata Jurgen Klopp dikutip dari Liverpool Echo, Jumat (10/5/2019). 

"Tidak ada yang perlu dibicarakan tentang itu tetapi semua baik-baik saja. Anda akan melihatnya di sana. Saat latihan dia berenergi penuh, itu yang Anda butuhkan pada hari-hari sebelum final," imbuh Klopp tentang kondisi Mohamed Salah dan Sadio Mane. 

 

2 of 2

Program Khusus

Fisioterapi Liverpool Ruben Pons, sudah Marbella bersama ahli gizi dan membuat program khusus untuk kedua pemain.

"Besok (latihan) dan hari pertandingan dia tidak akan berpuasa. Jadi itu tidak akan memengaruhi performanya," kata Ruben Pons.

Di Ajax, Noussair Mazroul, Hakim Ziyech dan Zakaria Labyard berpuasa selama lebih dari 12 jam. Mereka berbuka puasa pada menit ke-22, dengan cara mengonsumsi makanan berbentuk gel dan cairan. 

Fisioterapi Ajaix, Raymond Verheijen, sebelumnya juga telah menganjurkan ketiganya untuk tidak berpuasa agar tidak kelelahan saat bermain. Namun ketiganya memilih tetap berpuasa. 

Sumber : Liverpool Echo

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Lanjutkan Membaca ↓