7 Pemain Top yang Resmi Berganti Klub Musim 2019-2020

Oleh Ario Yosia pada 12 Mei 2019, 06:01 WIB
Southampton Vs Manchester United

Bola.com, Jakarta - ​Musim kompetisi 2018-2019 Eropa yang jadi kiblat persaingan sepak bola internasional sudah memasuki fase akhir. Juara-juara kompetisi elite  Benua Biru sudah bermunculan satu per satu.

Kompetisi paling beken ​Premier League akan memainkan partai terakhir pada Minggu (12/5/2019), sementara itu​ Serie A, ​La Liga dan​ Bundesliga hanya tinggal memainkan dua partai tersisa.

Setelah kompetisi berakhir, mata publik sudah pasti akan tertuju pada​ bursa transfer, sejumlah klub papan atas pun pasti akan sibuk menambah kekuatan timnya, namun ternyata ada beberapa klub yang harus melepas pemain-pemain andalannya di akhir musim. 

Berikut adalah tujuh pemain ternama yang memainkan musim terakhirnya bersama klub mereka. Simak rangkuman data-data situs 90min yang disarikan Bola.com:

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 8

Gary Cahill

Kalahkan MU, Chelsea Raih Juara Piala FA
Bek Chelsea, Gary Cahill mengangkat trofi Piala FA usai pertandingan melawan Manchester United pada babak final Piala FA di stadion Wembley di London (19/5). Chelsea mengalahkan MU 1-0. (AP Photo / Tim Ireland)

Gary Cahill mulai bergabung dengan Chelsea di tahun 2012, dia didatangkan dari Bolton Wanderers dengan nilai transfer yang sangat terjangkau, delapan juta poundsterling.

Menjadi salah satu bek tertangguh yang dimiliki The Blues dan sukses mempersembahkan tujuh trofi bergengsi, termasuk di antaranya dua trofi Premier League dan juga dua gelar Eropa, Champions League serta Europa League.

Namun semuanya berubah pasca ​The Blues bermain di bawah arahan Maurizio Sarri mulai musim 2018-2019. Meski berstatus sebagai kapten tim, Cahill lebih banyak memulai laga dari bangku cadangan, dia kalah bersaing dengan rekannya yang lain seperti Antonio Rudiger, David Luiz atau Andreas Christensen.

Musim  2018-2019 pun dipastikan menjadi musim terakhir pemain asal Inggris itu bersama ​Chelsea, pasalnya pihak klub memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya. Namun sebelum meninggalkan Stamford Bridge, Cahill berpotensi mengantarkan timnya menutup musim dengan trofi Europa League.

3 of 8

Andrea Barzagli

Andrea Barzagli. Leonardo Bonucci & Giorgio Chiellini
Juventus tidak bisa menurunkan trio BBC pada laga kontra Palermo (17/2/2017).

Andrea Barzagli memulai karier sebagai pesepakbola profesional pada tahun 1998, dia sempat memperkuat beberapa klub lain sebelum memutuskan untuk bergabung dengan Juventus di tahun 2011, saat itu dirinya didatangkan dari klub Bundesliga, Wolfsburg.

Delapan musim di Turin, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu sudah tampil dalam 280 pertandingan dan mempersembahkan sejumlah trofi bergengsi seperti tujuh Scudetto, empat Supercoppa Italiana dan Coppa Italia.

Musim 2018-2019 dipastikan menjadi musim terakhir Barzagli bersama ​Juve, pasalnya pemain berusia 37 tahun itu memutuskan untuk gantung sepatu.

4 of 8

Arjen Robben

Borussia Dortmund, Bayern Munchen, Bundesliga
Pemain Bayern, Arjen Robben (tengah) menahan bola saat mengecoh para pemain Dortmund pada lanjutan Bundesliga di Signal Iduna Park, Dortmund, (4/11/2017). Bayern menang 3-1. (AP/Martin Meissner)

​Bayern Munchen memang menjadi salah satu tim yang cukup aktif mendatangkan pemain baru di musim panas 2019, mereka sudah menemukan kata sepakat untuk mendatangkan dua bek andalan timnas Prancis, Theo Hernandez dan Benjamin Pavard.

Tidak hanya sibuk menambah kedalaman skuat, ​Die Roten juga akan melepas Arjen Robben, pemain asal Belanda tersebut dipastikan akan hengkang di akhir musim 2018-2019 setelah satu dekade berada di Allianz Arena.

Awalnya banyak yang mengira jika mantan pemain ​Chelsea dan ​Real Madrid itu akan gantung sepatu mengingat usianya yang sudah menginjak 35 tahun, namun Robben mengonfirmasi bahwa dirinya masih belum ingin pensiun dan masih membuka peluang untuk membela klub lain.

Sebelum hengkang dari ​Bayern, Robben masih memiliki kesempatan untuk mempersembahkan trofi ​Bundesliga, pasalnya skuat asuhan Niko Kovac memang berada kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 74 poin, terpaut empat angka dari sang rival abadi yang menempati posisi dua,​ Borussia Dortmund.

5 of 8

Franck Ribery

Liverpool Tundukan Bayern Munchen
Franck Ribery mencoba melewati Mohammed Salah pada leg kedua, babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung di Stadion Allianz Arena, Munchen, Kamis (14/3). Liverpool menang 3-1. (AFP/Peter Knefel)

Satu lagi pemain ​Bayern yang juga mengikuti jejak Robben untuk hengkang, Franck Ribery. Pemain asal Prancis tersebut memutuskan angkat kaki dari Allianz Arena setelah 12 tahun mengabdi.

Ribery mulai bergabung di tahun 2007, dia didatangkan dari klub Ligue 1, Marseille dengan harga 27 juta euro. 

Sejak saat itu, pemain yang kini berusia 36 tahun tersebut langsung menjadi sosok tak tergantikan di sektor sayap dan sudah mencatatkan 422 pertandingan dengan torehan 123 gol dan 183 assist di seluruh kompetisi.

6 of 8

Ander Herrrera

Manchester United Vs Wolverhampton Wanderers
Gelandang Manchester United, Ander Herrera, duel udara dengan pemain Wolverhampton Wanderers, Joao Moutinho, pada laga Piala FA 2019 di Stadion Molineux, Sabtu (16/3). Wolverhampton menang 2-1 atas Manchester United. (AP/Rui Vieira)

Kegagalan ​Manchester United menutup musim 2018-2019 di posisi empat besar memang membuat pihak klub berencana melakukan perombakan skuat di akhir musim, mereka pun memilih untuk melepas beberapa pemain yang kontraknya  memang akan usai, selain Antonio Valencia, Ander Herrera juga dipastikan takkan lagi menjadi bagian ​Setan Merah di musim 2019-2020.

​Kepastian soal hengkangnya Herrera memang baru dikonfirmasi pada Sabtu (11/5/2019), namun sebelumnya juga sudah banyak pihak yang memprediksi soal hal ini, terlebih juga beredar kabar jika pemain asal Spanyol tersebut sudah menemukan kesepakatan personal untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain.

7 of 8

Diego Godin

Atletico Madrid Tumbangkan Juventus di Kandang
Selebrasi gol Diego Godin pada leg 1, babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung di stadion Wanda Metropolitano, Madrid., Kamis (21/2). Atl Madrid menang 2-0 atas Juventus (Gabriel Bouys)

Selain melepas Theo Hernandez, Atletico Madrid juga dipastikan kehilangan salah satu bek tangguhnya yang lain, Diego Godin.

Kabar hengkangnya pemain asal Uruguay tersebut memang bukanlah hal yang mengejutkan, pasalnya sejak musim panas 2018 lalu, Godin juga sudah mulai dikaitkan dengan pintu keluar klub, namun kala itu dia menolak tawaran yang datang dari ​Manchester United.

Bergabung dengan Los Rojiblancos di tahun 2011, Godin sudah tampil dalam 387 pertandingan dengan torehan 27 gol dan 14 assist.

Setelah dipastikan hengkang dari Wanda Metropolitano, pemain berusia 33 tahun itu dikabarkan akan segera melanjutkan kariernya ke Italia dan bergabung dengan ​Inter Milan.

8 of 8

Aaron Ramsey

Arsenal Gagal Duduki Tiga Besar
Idrisa Gueye mencoba menghentikan umpan Aaron Ramsey pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Goodison Park, Liverpool, Minggu (7/4). Arsenal kalah 0-1 kontra Everton. (AFP/Oli Scarff)

Spekulasi terkait masa depan salah satu pemain andalan Arsenal, Aaron Ramsey jelas menjadi hal yang cukup mencuri perhatian publik di sepanjang musim 2018/19, terlebih pembicaraan kontrak barunya juga sempat dihentikan secara sepihak oleh pihak klub.

Akhirnya, pemain asal Wales tersebut dipastikan hengkang di akhir musim dan akan bergabung ke ​Juventus mulai musim 2019/20. Ramsey bahkan sudah menandatangani pra kontrak dan diduga akan menerima gaji fantastis sekaligus akan berada di J Stadium selama empat musim.

Hampir 11 musim berseragam ​The Gunners, Ramsey sudah tampil dalam 369 pertandingan dengan koleksi 64 gol dan 65 assist. Dirinya juga berperan penting di balik keberhasilan klub asal London tersebut memenangkan tiga gelar FA Cup dan dua Community Shield.

Lanjutkan Membaca ↓