Sukses


3 Data dan Fakta Laga Final Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Liverpool dan Tottenham Hotspur akan saling berhadapan pada laga final Liga Champions. Bagi kedua klub, ini adalah pertemuan perdana di turnamen elite antarklub Eropa tersebut.

The Reds berhasil lolos ke partai puncak Liga Champions setelah menyingkirkan Barcelona dengan agregat 4-3. Pada pertemuan pertama di Camp Nou, Liverpool kalah 0-3. Sementara itu, pada leg kedua di Stadion Anfield, mereka mampu membalikkan keadaan dan menang 4-0.

Di sisi lain, Tottenham Hotspur mampu melewati hadangan Ajax Amsterdam berkat keunggulan agresivitas gol tandang, dengan agregat 3-3. Dalam laga leg pertama di Tottenham Hotspur Stadium, The Lilywhites takluk 0-1. Sementara itu, pada pertemuan kedua di Johan Cruyff ArenA, Spurs menang 3-2.

Pertandingan ini terasa spesial bagi kedua klub. Liverpool serta Tottenham Hotspur untuk pertama kalinya bersua di Liga Champions, dan langsung bertemu di final.

Sebelumnya, The Reds dan The Lilywhites pernah saling berhadapan pada semifinal Piala UEFA 1972-1973. Pada saat itu, skuat Si Merah yang sukses lolos ke final berkat keunggulan agresivitas gol tandang dalam agregat 2-2.

Lantas, siapakah yang akan memenangkan pertandingan final Liga Champions musim ini? Layak untuk dinantikan.

Berikut ini adalah beberapa data dan fakta menjelang final Liga Champions 2018-2019, seperti dilansir dari UEFA:

 

2 dari 4 halaman

Stadion dan Jadwal Final

Pertandingan final akan berlangsung di Estadio Wanda Metropolitano. Stadion yang merupakan markas Atletico Madrid tersebut mulai dibuka pada September 2017.

Stadion ini mampu menampung penonton hingga 67.829. Rekor penonton terbanyak yang hadir di Estadio Wanda Metropolitano adalah laga Atletico Madrid kontra Real Madrid di La Liga, pada 9 Februari 2019. Saat itu, penonton mencapai angka 67.804.

Rencananya, pertandingan final Liga Champions antara Tottenham Hotspur melawan Liverpool berlangsung pada 1 Juni 2019, mulai pukul 21.00 waktu setempat, atau 2 Juni 2019 pukul 02.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Wasit yang Memimpin Laga Final

Partai final Liga Champions musim ini akan dipimpin wasit asal Slovenia, Damir Skomina. Untuk suporter The Reds, ini bukan kabar bagus.

Liverpool dan Damir Skomina seakan tak berjodoh. Penyebabnya, mayoritas pertandingan yang dijalani Liverpool dan dipimpin wasit 42 tahun itu, berujung kekalahan.

Rekam jejak memperlihatkan, dari lima laga Liverpool yang dipimpin Damir Skomina, empat di antaranya berakhir dengan kekalahan. Satu-satunya kemenangan adalah saat mengalahkan Napoli 1-0 pada laga Grup C Liga Champions musim ini, 11 Desember 2018.

4 dari 4 halaman

Band Amerika Serikat Hibur Penonton di Stadion

Sebelum laga final Liga Champions musim ini, grup musik asal Las Vegas, Amerika Serikat, Imagine Dragons akan menghibur suporter Tottenham Hotspur dan Liverpool yang hadir di stadion.

"Kami terhormat bisa tampil di final Liga Champions dan merayakan momen bersama penggemar olahraga paling antusias di planet ini. Nanti akan jadi pertunjukan luar biasa di Madrid," kata Dan Reynolds, pentolan band peraih Grammy Awards dengan tembang Believer, Radioactive, dan Thunder tersebut.

Sebelumnya, UEFA menampilkan Alicia Keys (2016), The Black Eyed Peas (2017), dan Dua Lipa (2018) sebelum pertandingan final Liga Champions.

Sumber: UEFA

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Video Populer

Foto Populer