Jadwal Giornata Terakhir Serie A, Persaingan Duo Milan dan AS Roma Menuju Liga Champions

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 22 Mei 2019, 08:30 WIB
Serie A

Bola.com, Jakarta - Serie A Italia musim ini menyisakan satu giornata terakhir yang akan digelar pada Sabtu hingga Senin dini hari WIB, 25-27 Mei 2019. Pekan terakhir Liga Italia itu masih menarik karena menyisakan persaingan klub-klub elit Italia dalam memperebutkan jatah terakhir menuju Liga Champions musim depan.

Juventus telah memastikan diri meraih Scudetto musim ini sekaligus akan kembali tampil di Liga Champions musim depan. Bersama Napoli yang juga sudah mengamankan posisi kedua di klasemen Serie A, hanya dua dari jatah empat tim yang bakal beraksi di kasta tertinggi sepak bola Eropa itu yang sudah dipastikan.

Jelang pekan terakhir Serie A tersebut, dua posisi terakhir masih diperebutkan oleh Atalanta, Inter Milan, AC Milan, dan AS Roma.

Namun, Atalanta berada di posisi teratas untuk bisa meraih satu dari dua tempat tersisa, di mana pada laga terakhir mereka akan memainkan laga kandang pada Minggu (27/5/2019) dini hari, di mana mereka menjamu Sassuolo yang kini berada di posisi ke-10. Selain itu, Atalanta juga mencatatkan torehan tanpa terkalahkan dalam lima laga terakhir Serie A.

Hal tersebut membuat peta persaingan lebih menyorot tiga klub elit Serie A. Inter Milan berada di peringkat keempat, dan diikuti AC Milan dan AS Roma, yang juga masih bisa finis di peringkat keempat.

Atalanta dan Inter Milan yang berada di posisi ketiga dan keempat saat ini, sama-sama mengemas 66 poin. Mereka hanya unggul satu poin dari AC Milan yang berada di peringkat kelima dan tiga poin dari AS Roma yang berada di peringkat keenam.

Untuk memastikan langkah ke Liga Champions, Inter Milan harus memastikan diri bisa meraih kemenangan atas tamunya, Empoli, di mana keduanya bermain Giuseppe Meazza. Namun, tentu saja ada yang mengharapkan Nerazzurri terpeleset di laga terakhir mereka.

Satu di antaranya adalah AC Milan yang harus bertandang ke markas SPAL pada saat yang sama. AC Milan yang terpaut satu poin saja dari Atalanta dan Inter Milan harus bisa meraih kemenangan di kandang SPAL jika ingin melangkah ke Liga Champions sembari berharap satu atau dua tim di atasnya tergelincir.

Selain AC Milan, yang mengharapkan Atalanta dan Inter Milan tergelincir adalah AS Roma. Namun, peluang AS Roma untuk bisa ke Liga Champions benar-benar tipis mengingat Serie A mendahulukan head to head jika dua tim memiliki jumlah poin yang sama yang kemudian dilanjutkan kepada selisih gol.

Bicara soal head to head, dari hasil pertandingan yang dijalani AS Roma ketika menghadapi Atalanta dan Inter Milan, AS Roma mendapatkan empat hasil imbang, yang artinya tim ibu kota itu harus mengandalkan selisih gol. Namun, AS Roma pun memiliki jumlah yang lebih sedikit dari kedua tim di posisi ketiga dan keempat itu dalam hal selisih gol.

Atalanta saat ini memiliki selisih gol +29, sementara Inter Milan +23, dan AS Roma +17. Maka jika AS Roma ingin lolos ke Liga Champions, mereka harus menang 7-0 dan mengharapkan Inter Milan kalah di pertandingan terakhir mereka.

Masih menarik bukan persaingan memperebutkan jatah terakhir Liga Champions di Serie A. Untuk itu, jangan ketinggalan pertandingan-pertandingan menarik di giornata terakhir Serie A itu dan lihat jadwalnya di bawah ini.

2 of 2

Jadwal Lengkap Giornata Terakhir Serie A 2018-2019

Sabtu 25 Mei 2019

Frosinone vs Chievo, 23.00 WIB

Minggu, 26 Mei 2019

Bologna vs Napoli, 01.30 WIB

Torino vs Lazio, 20.00 WIB

Sampdoria vs Juventus, 23.00 WIB

Senin, 27 Mei 2019

Inter Milan vs Empoli, 01.30 WIB

Fiorentina vs Genoa, 01.30 WIB

SPAL vs AC Milan, 01.30 WIB

AS Roma vs Parma, 01.30 WIB

Atalanta vs Sassuolo, 01.30 WIB

Cagliari vs Udinese, 01.30 WIB

Lanjutkan Membaca ↓