Sukses


Wakil Presiden FIFA Ditangkap Kepolisian Prancis

Bola.com, Jakarta - Wakil Presiden FIFA sekaligus Presiden Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), Ahmad Ahmad, ditangkap pihak kepolisan Prancis saat FIFA menggelar sidang di Paris. Ahmad ditangkap pada Kamis pagi waktu setempat atau satu hari sebelum Piala Dunia Wanita dimulai.

Ahmad dijemput di sebuah hotel mewah oleh Polisi untuk kasus dugaan korupsi. Dalam dua tahun kepemimpinannya sejak 2017 sebagai Presiden CAF, ia terlibat dalam beberapa skandal.

Penahanan Ahmad bisa menjadi noda dalam pelantikan Gianni Infantino sebagai Presiden FIFA untuk masa jabatan kedua. Jika tuduhan kepada Ahmad terbukti, bisa merusak upaya FIFA dalam melakukan reformasi.

Ahmad sudah mulai dicurigai beberapa bulan sebelumnya. FIFA mulai melakukan penyelidikan setelah menerima laporan dari Fahmy, mantan Sekretaris Jenderal CAF. Fahmy menyerahkan dokumen yang menguraikan sejumlah potensi penyelewengan.

Ahmad telah membantahnya dan beranggapan laporan tersebut dibuat oleh sekelompok orang yang tidak puas. Dia telah menyampaikan kepada pejabat CAF akan melakukan pertemuan khusus untuk menjelaskan permasalahan yang terjadi.

FIFA menemukan penyelewengan dana federasi sejumlah 20 ribu dollar AS (Rp283 juta) ke rekening beberapa pemimpin sepak bola Afrika. Dana tersebut untuk membeli mobil yang digunakan pada acara di Masdagaskar dan ada sebuah kesepakatan untuk bekerja sama dengan perusahaan rekan dekatnya.

Sumber: The Age

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Video Populer

Foto Populer