Cedera dan Kontroversi Luar Lapangan Bikin Nilai Neymar Jatuh hingga Rp1,6 Triliun

Oleh Aning Jati pada 11 Jun 2019, 00:15 WIB
Neymar

Bola.com, Jakarta - Pemberitaan terhadap Neymar sepanjang musim 2018-2019 lebih didominasi dengan cedera dan kontroversi yang membelitnya di luar lapangan, ketimbang kiprah di lapangan.

Cedera yang dialaminya memaksa Neymar keluar masuk tim. Belakangan ia akrab dengan sanksi, UEFA dan Federasi Sepak Bola Prancis menjatuhinya dengan hukuman larangan bertanding dalam beberapa laga. Yang terbaru, ia terbelit kasus dugaan pemerkosaan.

Neymar juga sudah dipastikan keluar dari daftar pemain Timnas Brasil di Copa America 2019 menyusul cedera yang diperolehnya saat uji coba melawan Qatar (5/6/2019).

Rentetan kejadian itu dalam pengamatan pihak-pihak yang selama ini menjadikannya bintang iklan produk mereka.

Mastercard dipastikan sudah mengeluarkan Neymar dalam iklan mereka, sementara Nike dan Red Bull dikabarkan segera merilis pernyataan resmi.

Kondisi ini mengkhawatirkan klub pemilik Neymar, Paris Saint-Germain (PSG). Raksasa Prancis itu khawatir nilai Neymar sebagai pemain turun dari 222 juta euro yang mereka bayarkan kepada Barcelona pada 2017.

Menurut L'Equipe, Neymar hanya bermain sebesar 51,8 persen pertandingan sejak gabung PSG, yang mana dianggap sangat rendah jika dibandingkan dengan keterlibatan Lionel Messi di Barcelina (87 persen) dan Cristiano Ronaldo (77 persen) ketika itu.

Imbasnya, CIES Football Observatory telah menurunkan nilainya dari 213 juta euro pada awal 2019 menjadi di antara kisaran 120-150 juta euro pada Juni saat ini.

Di sisi lain, kepastian absen dari Copa America 2019 bisa membuat pemain 27 tahun ini keluar dari daftar 50 besar kandidat peraih Ballon d'Or tahun ini.

Meski begitu, Transfermarkt masih membanderol Neymar dengan kisaran 180 juta euro, nilai tertinggi sepanjang kariernya.

Sumber: Marca

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini