Serba-Serbi Copa America 2019: Messi Jepang Jadi Pemain Termuda

Oleh Aning Jati pada 14 Jun 2019, 09:50 WIB
Takefusa Kubo

Bola.com, Jakarta - Copa America 2019 mulai bergulir pada Jumat waktu setempat (14/6/2019) atau Sabtu pagi WIB (15/6/2019). Copa America edisi kali ini digelar di lima kota di Brasil dan diikuti 12 tim peserta.

Dari 12 kontestan itu, ada dua negara yang berasal dari luar Konfederasi Amerika Selatan (CONMENBOL), yakni juara dan runner-up Piala Asia 2019, Qatar serta Jepang.

Kedua negara itu memang jadi tamu undangan dari CONMEBOL. Buat Qatar, ini jadi keikutsertaan pertama di ajang Copa America, sementara Jepang pernah tampil pada turnamen ini, pada edisi 1999.

Menariknya, kedua timnas yang bernaung di bawah AFC itu memiliki statistik cukup unik, jika bicara skuat yang dibawa ke Brasil.

Qatar tercatat memiliki pemain dengan postur terpendek di antara seluruh pemain yang turun di Copa America 2019. Jepang tak mau ketinggalan. Tim Samurai Biru tercatat punya pemain tertua dan termuda, dari total 276 pemain yang terdaftar dalam turnamen edisi

Menurut Mundial11, duo Jepang, yakni Eiji Kawashim dan Takefusa Kubo menjadi pemain tertua serta termuda dalam turnamen. Kiper veteran Jepang, Kawashim, berusia 36 tahun dua bulan. Junior Kawashim di timnas, Takefusa Kubo yang kerap dapat julukan sebagai "Messi Jepang", baru berusia 18 tahun 10 hari.

Sementara Assim Madabo jadi pemain dengan postur paling pendek. Gelandang Timnas Qatar itu bertinggi badan 163 cm.

Sebaliknya, pemain dengan postur paling tinggi dimiliki pemain Timnas Venezuela, Jhon Carlos Chancellor. Bek yang bermain untuk klub Liga Qatar, Al-Ahly, ini mempunyai tinggi badan 198 cm.

Di sisi lain, Copa America 2019 dibuka dengan partai di Grup A, mempertemukan tuan rumah Brasil versus Bolivia, Sabtu pagi WIB (15/6/2019). Cile merupakan juara bertahan turnamen ini.

Sumber: Inside World Football

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini