12 Pesepak Bola yang Menangguk Penghasilan Terbesar Tahun 2019 Versi Forbes (2)

Oleh Ario Yosia pada 20 Jun 2019, 11:30 WIB
Raja gol Champions League 2018-2019

Bola.com, Jakarta - Majalah keuangan ternama, ​Forbes, baru saja merilis daftar 100 atlet dengan pendapatan tertinggi di tahun 2019. Pendapatan para bintang olahraga dunia tersebut dihitung tidak hanya dari sisi gaji yang mereka terima, namun juga dari iklan atau endorsement yang mereka dapatkan.

Dari 100 nama yang dirilis Forbes tersebut, 12 pesepak bola sukses masuk ke dalam daftar dan bahkan memuncaki tiga posisi teratas.

Sepak bola sudah menjadi seperti bisnis menggurita. Uang yang terlibat di dalamnya benar-benar gila.

Investasi asing, biaya iklan yang tinggi, dan harga tiket yang lumayan membantu klub menghasilkan lebih banyak pendapatan sehingga membuat mereka bisa belanja besar di bursa transfer.

Berikut rangkuman situs 90min, 12 bintang sepak bola dunia dengan pendapatan tertinggi di tahun 2019 yang Bola.com pisah dalam dua tulisan. Ini bagian kedua.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 7

Alexis Sanchez

Copa America 2019, Alexis Sanchez
Ekspresi striker Timnas Chile, Alexis Sanchez, setelah menjebol gawang Jepang pada laga Copa America di Cicero Pompeu de Toledo Stadium, Sao Paolo, Selasa (18/6/2019) pagi WIB. (AFP/Miguel Schincariol)

Semua pihak pasti setuju, keberadaan Alexis Sanchez di daftar ini akan membuat geram banyak orang. Bisa dibilang kepindahannya dari Arsenal ke ​Manchester United pada Januari 2018 lalu, hanya menguntungkan kantong Sanchez.

Bagaimana tidak, dia mengantongi total 30,8 juta dollar per tahun, dengan rincian 28,3 juta dolar AS dari gaji, ditambah 2,5 juta dolar dari sponsor. Jumlah tersebut jelas luar biasa untuk striker yang hanya mampu mencetak lima gol dari 45 laga untuk Setan Merah.

3 of 7

Andres Iniesta

Pesepak Bola dengan Pendapatan Tertinggi
Andres Iniesta (AFP/Jiji Press)

Mengakhiri kariernya bersama Barcelona dan hijrah ke Jepang bersama Vissel Kobe, ternyata tidak serta merta membuat Andres Iniesta mengalami penurunan pendapatan. Dia masih menerima 30 juta dolar per tahun, dan ditambah dengan 2,5 juta dolar dari sponsor. Jumlah 32,5 juta dollar, jelas lebih dari cukup untuk hidup nyaman di Jepang. 

4 of 7

Paul Pogba

Paul Pogba
Gelandang Manchester United asal Prancis, Paul Pogba. (AFP/Paul Ellis)

Daftar ini tentu tidak akan lengkap tanpa kehadiran gelandang eksentrik milik ​Manchester United dan Timnas Prancis ini. Penampilan Pogba bersama Setan Merah selama tiga musim terakhir memang tidak selalu konsisten, namun, statusnya sebagai gelandang top dunia, membuat dirinya mendapatkan gaji yang jelas menawan.

Manchester United menggajinya sebesar 29 juta dolar per tahun, ditambah dengan empat juta dollar dari sponsor, mantan pemain Juventus ini mengumpulkan tidak kurang dari 33 juta dolar per tahun. Semoga musim depan Pogba tidak lagi melempem di lini tengah Setan Merah.

5 of 7

Neymar

Penyerang Paris Saint-Germain, Neymar.
Penyerang Paris Saint-Germain, Neymar, mengalami cedera saat bersua Marseille pada laga pekan ke-27 Ligue 1 Prancis, Minggu (25/2/2018). (AFP/GEOFFROY VAN DER HASSELT)

Menempati posisi ketiga, terdapat nama yang sudah tidak asing lagi, yakni Neymar. Penyerang asal Brasil milik Paris Saint-Germain ini boleh jadi belum mampu memenuhi potensinya semenjak hengkang ke Parc des Princes, dia bahkan kini mulai berada dalam bayang-bayang Kylian Mbappe.

Namun, itu tidak membuat dirinya berhenti menjadi mesin penghasil uang, terbukti dengan Neymar yang menghasilkan total 105 juta dollar per tahun, dengan 30 juta dolar berasal dari sponsor, dan 75 juta dollar dari gaji. Ternyata aksi teatrikal Neymar di atas lapangan cukup mahal juga.

6 of 7

Cristiano Ronaldo

Portugal Berhasil Juarai UEFA Nations League
Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo mencium Piala UEFA Nations League setelah pertandingan final melawan Belanda di Estadio do Dragao, Porto (10/6/2019). Portugal berhasil mengalahkan Belanda 1-0, berkat gol Goncalo Guedes. (AP Photo/Martin Meissner)

Selayaknya tahun-tahun sebelumnya, dua posisi teratas ditempati oleh dua nama yang sama. Megabintang Portugal dan ​Juventus, Cristiano Ronaldo, berada di posisi kedua dengan total penghasilan mencapai 109 juta dolar AS, dengan 65 juta dolar berasal dari gaji, dan 44 juta dolar berasal dari sponsor.

Jika melihat konsistensinya di setiap kompetisi, baik bersama Juventus maupun Portugal, nampaknya pendapatan Ronaldo tidak akan menurun hingga beberapa tahun ke depan.

7 of 7

Lionel Messi

Copa America, Lionel Messi
Pemain Argentina, Lionel Messi (kiri) dan pemain Kolombia, Davinson Sanchez, berebut bola pada laga Grup B Copa America 2019 di Fonte Nova Arena, di Salvador, Minggu (16/6/2019) pagi WIB. (AFP/Juan Mabromata) AFP

Menempati posisi puncak, seperti yang diperkirakan banyak pihak, tidak lain dan tidak bukan adalah bintang utama ​Barcelona, Lionel Messi. Pemain Argentina ini boleh saja kalah dari Ronaldo dari segi sponsor, karena 'hanya' mampu mengumpulkan 35 juta dolar AS.

Namun, pendapatannya dari sektor gaji, jauh melampaui pesaingnya tersebut. Tidak main-main, Barcelona menggaji Messi sebesar 92 juta dolar, termasuk bonus, membuatnya menjadi atlet dengan gaji tertinggi di muka bumi. Total pendapatan La Pulga pun dipastikan membuat semua orang menelan ludah karena mencapai 127 juta dolar per tahun.

Siapa lagi pesepak bola yang menikmati penghasilan wah lainnya? Kllk tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓