Brasil Vs Argentina: Fakta Gol Gabriel Jesus dan Tradisi Menang Seleccao Jika Mencetak Gol Lebih Dulu

Oleh Nurfahmi Budi pada 03 Jul 2019, 08:55 WIB
Brasil Vs Argentina Gabriel Jesus

Bola.com, Jakarta - Gabriel Jesus menjadi penentu 'kemenangan' Brasil atas Argentina pada Babak 1 Semifinal Copa America 2019, di Estádio Mineirão, Belo Horizonte, Rabu (2/7/2019) atau Kamis (3/7/2019) pagi WIB. Ia menaklukkan kiper Tim Tango, Franco Armani, di menit ke-19.

Gol terjadi setelah Gabriel Jesus memanfaatkan umpan silang Roberto Firmino. Sebelumnya, Dani Alves menjadi kreator awal proses terjadinya gol perdana tersebut, setelah ia melakukan penetrasi dari sisi kiri pertahanan Argentina.

Bagi Gabriel Jesus, gol tersebut membuatnya sudah mengoleksi 17 gol sepanjang berkostum Timnas Brasil. Selain itu, kemenangan pada babak pertama membuka peluang mereka ke babak final.

Statistik menunjukkan, sejak kekalahan pada 1979, Brasil tak pernah kalah jika berhasil membuka gol terlebih dulu. Saat Copa America 1979, Brasil kalah 1-2 dari Bolivia, di La Paz. Setelah itu, Brasil tak pernah kalah dalam 51 pertandingan setelah mencetak gol lebih dulu, tepatnya 42 menang dan 9 seri.

Selain itu, catatan gol Gabriel Jesus menjadi bukti efektivitas permainan Brasil. Gol tersebut terjadi pada kesempatan pertama mereka mendapat peluang, sekaligus tembakan pertama ke gawang Argentina.

 

2 of 2

Catatan Brasil

Kali terakhir Brasil merobek jala lawan pada peluang pertama terjadi ke gawang Paraguay pada Copa America 2011. Kala itu, yang merobek jala Paraguay adalah Alexandre Pato pada menit ke-18.

Secara pribadi, Gabriel Jesus menunjukkan talenta. Ia berhasil memecahkan telur setelah tak pernah menyumbang gol untuk Brasil pada sembilan pertandingan terakhir.

Kali terakhir eks striker Palmeiras tersebut mencetak gol bagi Seleccao terjadi ke gawang Cile pada 2017. Saat itu, Brasil bersua Cile pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Sumber: A Bola, Squawka

Lanjutkan Membaca ↓